Syarief Hasan: Secara Implisit, Koalisi Jokowi Setuju Demokrat Gabung

POLITIK | 12 Agustus 2019 18:10 Reporter : Sania Mashabi

Merdeka.com - Partai Demokrat mengklaim secara implisit, parpol koalisi presiden terpilih Joko Widodo atau Jokowi tidak masalah jika partainya bergabung ke koalisi. Hal itu diungkapkan langsung oleh Wakil Ketua Umum Partai Demokrat Syarief Hasan.

"Kalau secara implisit sih mereka oke-oke juga. Tetapi ini kan perkembangan politik kan bergulir terus. Nah tentunya secara individu secara parsialkan tidak bisa menjadi patokan kan. Harus kolektif gitu," kata Syarief pada merdeka.com, Senin (12/8).

Syarief juga mengatakan, chemistry dengan Jokowi juga sudah terbangun dengan baik. Namun keputusan koalisi atau tidaknya harus dibahas lagi dengan partai koalisi Jokowi.

"Ya kalau dengan Pak Jokowi sudah bagus. Nah cuma kan Pak Jokowi ada partai-partai koalisinya nah yang menjadi pertanyaan apakah partai koalisi itu juga sangat wellcome terhadap penambahan koalisi dari partai Demokrat. Karena kan bagaimana juga kan unsur kebersamaan itu kan patut dibangun," ungkapnya.

Tambah Syarief, mayoritas kader juga menginginkan partai besutan Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) ini gabung pemerintahan. "Memang mayoritas memang ya sih ingin ya bergabung kalau, dengan catatan ya kalau memang chemistry dan kebersamaan ya bisa dibangun," ucapnya.

Sebelumnya, Syarief Hasan membantah kabar partainya telah resmi dukung Jokowi-Ma'ruf Amin. Kabar itu dihembuskan oleh Ketua Divisi Advokasi dan Bantuan Hukum Partai Demokrat Ferdinand Hutahaean.

Syarief menjelaskan, dukungan partai akan diputuskan resmi oleh Majelis tinggi partai yang dipimpin oleh Susilo Bambang Yudhoyono. "Ya belum diputuskan sama majelis tinggi," kata Syarief pada merdeka.com, Senin (12/8). (mdk/rnd)

Baca juga:
Ferdinand Hutahaean: Demokrat Resmi Dukung Jokowi-Ma'ruf
NasDem Belum Percaya Demokrat Resmi Dukung Jokowi-Ma'ruf
Bantah Ferdinand, Syarief Hasan Sebut Demokrat Belum Resmi Dukung Jokowi
Demokrat Akui Mayoritas Kader Ingin Gabung Jokowi-Ma'ruf
Sakit Keras, Ibu Kandung SBY Masuk Rumah Sakit
SBY Jarang Tampil, Demokrat Sebut sedang Fokus Urus Ibu yang Sedang Sakit
Megawati Terang-terangan Minta Jatah Menteri, Partai Demokrat Bandingkan di Era SBY

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.