Tanggapan PDIP soal Prabowo Disebut Bakal jadi Menhan

POLITIK | 21 Oktober 2019 19:02 Reporter : Merdeka

Merdeka.com - Teka teki soal jatah menteri untuk Gerindra dibuka ke publik. Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto hadir dipanggil Presiden Joko Widodo bersama para calon menteri hari ini. Dia mengaku diminta membantu di bidang pertahanan.

Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) menghormati keputusan Jokowi memberikan jatah menteri ke Gerindra.

"Terkait dengan nama itu, merupakan hak prerogatif dari Presiden dan kita hormati hak itu. Karena memang Presiden lah yang mengambil keputusan dan kemudian menentukan terhadap pergerakan kemajuan Indonesia raya ke depan," kata Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto usai menghadiri acara syukuran relawan Arus Bawah Jokowi, di Jakarta, Senin (21/10).

Masuknya Gerindra di Kabinet, kata Hasto, menandakan kekuatan gotong royong nasional untuk mempercepat visi pembangunan pemerintahan Jokowi.

"Dengan demikian kekuatan gotong royong nasional, memang diperlukan untuk mempercepat dan satu padukan komponen bangsa dalam satu irama," ungkap Hasto.

Dia memastikan, PDIP sebagai pengusung utama Jokowi tetap memberikan ruang bagi partai non-koalisi berjuang demi persatuan bangsa. Lagipula, menurutnya, pimpinan partai koalisi juga memahami pertimbangan Jokowi memperluas koalisi.

"Kalau kita lihat dari pernyataan para ketua umum partai Koalisi Indonesia Kerja. Mereka menghormati terhadap hak prerogatif dari Presiden. Dan juga memahami pertimbangan-pertimbangan yang diambil oleh Presiden ketika memutuskan untuk memperluas (Kabinet) Indonesia Kerja," jelas Hasto.

Terkait pernyataan Surya Paloh yang ingin menyatakan NasDem menjadi oposisi, menurutnya, setiap partai mempunyai fatsun masing-masing.

"Kalau kita lihat dari komitmen yang disampaikan oleh bapak Surya Paloh ketika bertemu dengan para ketua umum partai, semua menghormati hak prerogatif dari presiden tersebut. Karena inilah konstitusi kita," pungkasnya.

Reporter: Putu Merta Surya Putra

Baca juga:
Prabowo Legowo Jadi Anak Buah Joko Widodo
Gerindra Disebut Dapat 2 Kursi Menteri, NasDem Nilai Masih dalam Batas Toleransi
Senyum Prabowo Seusai Bertemu Jokowi di Istana
Safari Politik Prabowo Berbuah Kursi Menteri dari Jokowi
VIDEO: Prabowo di Kursi Menteri Pertahanan

(mdk/ray)