Terkait berantas korupsi, Sihar sebut atasan harus bersih terlebih dahulu

Terkait berantas korupsi, Sihar sebut atasan harus bersih terlebih dahulu
Pengundian nomor urut Pilgub Sumut. ©2018 Merdeka.com/Yan M
POLITIK | 5 Mei 2018 20:25 Reporter : Yan Muhardiansyah

Merdeka.com - Debat publik pertama Pilgub Sumut 2018 antara pasangan nomor satu Edy Rahmayadi-Musa Rajekshah dan pasangan nomor dua Djarot Saiful Hidayat-Sihar Sitorus digelar di Medan, Sabtu (5/5). Dalam sesi kedua, moderator menanyakan soal tata kelola pemerintahan menjadi teladan yang bersih dari korupsi.

"Mengelola pemerintahan ada 8 karakteristik. Salah satunya efektif dan efisien. Kondisi Sumut yang kaya harus diefektifkan, seperti kita punya Danau Toba. Efektif dalam mengelola pemerintahan. Ada grand design yang akan kita tunjukkan," jawab Edy.

Menurut Sihar, keteladan harus dimulai dari atas atau pimpinan. Artinya, kata Sihar, pemimpin harus punya hati dan bersih.

"Saya beruntung pasangan saya contoh dari keteladanan yang bersih dari korupsi. Maka kita mencari staf yang sejalan dan bekerja secara transparan, meningkatkan kesejahteraan rakyat. Petani kaya dan nelayan kaya, masyarakat dapat pekerjaan," kata Sihar.

Edy menanggapi jawaban Sihar, tauladan merupakan kewajiban dari pemimpin. Edy mengatakan harus mengefektifkan tata kelola pemerintahan.

Menurut Djarot, keteladanan atasan akan menjadi inspirasi bawahan. Jika atasan bekerja keras untuk rakyat, kata Djarot, bawahan akan mengikuti.

"Sekarang di Indonesia defisit keteladanan," tegas Djarot. (mdk/ded)

Baca juga:
Djarot sebut warga Sumut keras tapi jadi manis & baik jika bisa ambil hatinya
Djarot ajak publik pantau pengelolaan anggaran, Edy bentuk tim awasi kebocoran APBD
Terkait berantas korupsi, Sihar sebut atasan harus bersih terlebih dahulu
Edy ingin tingkatkan kualitas, Djarot pilih perampingan struktur ASN
Edy bahas revolusi martabat, Djarot cuma tahu revolusi mental

Banyak orang hebat di sekitar kita. Kisah mereka layak dibagikan agar jadi inspirasi bagi semua. Yuk daftarkan mereka sebagai Sosok Merdeka!

Daftarkan

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami