Termasuk Solo, 31 Daerah Ini Berpotensi Calon Tunggal di Pilkada 2020

Termasuk Solo, 31 Daerah Ini Berpotensi Calon Tunggal di Pilkada 2020
POLITIK » BANYUWANGI | 4 Agustus 2020 17:10 Reporter : Rifa Yusya Adilah

Merdeka.com - 270 Daerah bakal menghelat Pilkada serentak pada Desember 2020 mendatang. 31 Di antaranya, disebut berpotensi memunculkan calon tunggal dalam pemilihan kepala daerah.

Direktur Eksekutif Perkumpulan untuk Pemilu dan Demokrasi (Perludem), Titi Anggraini, menyebutkan, ada 31 daerah yang berpotensi menghadirkan calon tunggal. Jumlah ini meningkat hampir dua kali lipat bila dibandingkan pada Pilkada tahun 2018 yang mana, jumlah kandidat calon tunggal sebanyak 16.

Dari 31 daerah itu terdiri dari 26 kabupaten dan 5 kota. Hal ini disampaikan Titi dalam diskusi virtual bertema 'Pilkada Antara Dinasti dan Calon Tunggal'.

"Dari data yang kami olah, akan ada 31 daerah calon tunggal. Terdiri dari 26 kabupaten dan 5 kota," ujar Titi dalam diskusi virtual yang diadakan Perludem, Selasa (4/8).

Daerah tersebut yakni Kota Semarang, Sragen, Kediri, Boyolali, Pematang Siantar, Kota Solo, Wonosobo. Lalu ada juga Kabupaten Semarang, Klaten, Buru Selatan, Kebumen, Ngawi, Kabupaten Blitar, Gowa, Balikpapan, Gorbogan, Wonogiri, Banyuwangi, Sopeng, Gunung Sitoli, dan termasuk beberapa daerah di Papua.

Pilkada serentak tahun ini akan dilaksanakan pada 9 Desember mendatang, yang mana nama-nama daerah yang Titi sebutkan masih berpotensi untuk berubah. Hal ini dikarenakan, kerap kali pasangan calon baru diusung mendekati waktu Pilkada.

Baca Selanjutnya: Titi menyebut bahwa istilahnya pencalonan...

Halaman

(mdk/rnd)

Banyak orang hebat di sekitar kita. Kisah mereka layak dibagikan agar jadi inspirasi bagi semua. Yuk daftarkan mereka sebagai Sosok Merdeka!

Daftarkan

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami