Tjahjo Kumolo Enggan Ungkap Calon Waketum dan Ketua Harian PDIP

POLITIK | 20 Juni 2019 16:43 Reporter : Intan Umbari Prihatin

Merdeka.com - Politikus Senior PDIP Tjahjo Kumolo belum mau membeberkan siapa nama yang akan jadi wakil ketua umum dan ketua harian dari partainya. Dia pun menyarankan awak media bertanya kepada Sekjen Hasto Kristiyanto.

"Jangan tanya saya, tanya sekjen saja," kata Tjahjo di Komplek Parlemen, Jakarta Pusat, Kamis (20/6).

Sementara menurut Maruarar Sirait yang juga politikus PDIP menjelaskan pemilihan waketum dan ketua harian akan diputuskan oleh Ketua Umum partainya, Megawati Soekarnoputri.

"Saya pikir Mbak Mega akan mendengar yakin dalam kongres akan terpilih sebagai formatur tunggal yang akan menyusun struktur dan orangnya. Struktur adalah orangnya dan orangnya individunya," kata Ara.

Sebelumnya Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan ( PDIP) akan menggelar Kongres V pada Agustus mendatang. Ketua DPP Trimedya Panjaitan menyebut, bahwa faksi-faksi di internal partai tak mempengaruhi kongres jika ada pembahasan perubahan kepemimpinan struktur partai. Terlebih, bila ada gerbong Puan Maharani maupun Prananda Prabowo.

"Berbeda di PDIP dengan di partai-partai lain. Kalaupun ada faksi-faksi itu akan sulit bergerak dengan ruang yang luas, kalau mau dibilang faksi ya siapa yang bisa didengar dan disayang sama ibu ketua umum saja. Kalau Mba Puan atau Mas Nanan enggak ada jaminan juga," kata Trimedya di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin (17/6).

Trimedya tak merasa antara Puan dan Prananda bertarung merebut pucuk kepemimpinan partai banteng. Menurutnya, hubungan dua kakak beradik itu baik baik saja di bawah kepemimpinan sang ibu.

Baca juga:
Soal Ketum PDIP, Hasto Minta Tunggu Megawati dan Isyarat Langit
Melihat Kembali Jatah Porsi Menteri dari Parpol era Pemerintah Jokowi
Sebelum Kongres V, PDIP Gelar Konferda Serap Aspirasi Nama Calon Ketum
Puan Maharani Tak Hadiri Rakernas IV PDIP
Rakernas IV PDIP Tak Bahas Perubahan AD/ART di Kongres
PDIP Sumsel Tetap Dukung Megawati Pimpin Partai

(mdk/eko)