TKN Jokowi Klaim Kuasai 35 Kabupaten di Jawa Tengah

TKN Jokowi Klaim Kuasai 35 Kabupaten di Jawa Tengah
POLITIK | 25 April 2019 19:53 Reporter : Ahda Bayhaqi

Merdeka.com - Tim Kampanye Nasional Jokowi-Ma'ruf mengklaim menguasai Jawa Tengah di semua kabupaten. Hal tersebut berdasarkan hitung manual internal TKN disertai data perbandingan real count Komisi Pemilihan Umum dan hitung cepat lembaga survei.

"Semua di 35 Kabupaten kami menang tidak ada satupun kabupaten di Jawa Tengah yang kami kalah," ujar Wakil Direktur Saksi TKN Jokowi-Ma'ruf Lukman Edy saat pemaparan perhitungan suara internal Jawa Tengah dan Sulawesi Utara di Posko Cemara, Jakarta, Kamis (25/4).

Lukman mengungkap perhitungan internal TKN berdasarkan C1 dari saksi di setiap wilayah. Data di Jawa Tengah, menurut Lukman masuk 8.789.000 suara atau 32,51 persen.

Secara persentase, suara Jokowi-Ma'ruf berada di angka 75,51 persen berbanding Prabowo-Sandiaga 24,12 persen. Lukman menyebut data itu tidak jauh dengan real count KPU.

Lukman membantah klaim Badan Pemenangan Nasional Prabowo-Sandiaga menang di Jawa Tengah. BPN mengklaim Prabowo-Sandiaga menang 64,90 persen berbanding Jokowi-Ma'ruf 35,10 persen.

Berdasarkan temuan TKN, BPN mengambil data hanya 105 TPS dari 135.391 TPS. Data yang diambil, kata Lukman, hanya memenangkan pasangan calon presiden nomor urut 02 dan tidak memasukkan data yang kalah.

"Jadi ternyata apa yang mereka sampaikan kemenangan 64 persen itu kalau kita sisir dan kita bongkar di Jawa Tengah itu bohong belaka," kata Lukman.

Pihaknya juga membantah data kekalahan di Sulawesi Utara. Menurut Lukman, BPN mencatat kemenangan 57 persen yang ditemukan hanya pada satu TPS. Padahal pada data 731.288 suara atau 38,33 persen, Jokowi-Ma'ruf berada di angka 74,65 persen berbanding 25,35 persen dengan lawannya.

"Artinya klaim kemenangan 57 persen di Sulut dan 62% secara nasional ternyata hanya bohong tidak tidak faktual di bawah dan hanya pilih-pilih TPS saja," pungkas politisi PKB itu. (mdk/ray)

Baca juga:
Jokowi Kalah di Aceh & Sumbar, TKN Pastikan Pembangunan Tak Dibeda-bedakan
BPN Prabowo: Tidak akan Pernah Ada Rekonsiliasi dengan Kecurangan
TKN Klaim Temukan Politik Uang Simbol Dua di Jabar dan Jatim
Sandiaga Soal Ajakan Bertemu Ma'ruf Amin: Sekarang Ditelepon, Langsung Saya Temui
Waketum PAN Minta BPN Prabowo Buka 'War Room' Real Count Pilpres 2019

Banyak orang hebat di sekitar kita. Kisah mereka layak dibagikan agar jadi inspirasi bagi semua. Yuk daftarkan mereka sebagai Sosok Merdeka!

Daftarkan

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami