TKN Nilai Beredarnya Foto Kondom Bergambar Jokowi-Ma'ruf Rendahkan Martabat Bangsa

POLITIK | 10 Maret 2019 21:05 Reporter : Arie Sunaryo

Merdeka.com - Direktur Program Tim Kampanye Nasional ( TKN) Aria Bima menilai beredarnya foto alat kontrasepsi (kondom) bergambar Joko Widodo dan Ma'ruf Amin di media sosial sebagai tindakan biadab. Menurutnya, perbuatan menjatuhkan salah satu pasangan calon tersebut sangat merendahkan martabat bangsa Indonesia.

"Kita ini jangan merendahkan martabat bangsa kita. Pak Jokowi, Pak Prabowo, Pak Sandi dan Kiai Ma'ruf ini adalah calon simbol negara. Kalau kita tidak bisa menghormati pimpinan kita sendiri, bangsa lain juga tidak akan hormat," ujar Aria Bima disela disela kegiatan sosialisasi empat pilar kebangsaan di Sukoharjo, Minggu (10/3).

Menurut Bima, Jokowi-Ma'ruf bukan hanya menjadi simbol relawan atau partai yang mengusungnya. Demikian juga dengan pasangan Prabowo-Sandiaga Uno, mereka juga sudah menjadi calon simbol bangsa Indonesia

Bima tak menampik, jika selama masa kampanye, setiap kubu pasangan calon melakukan berbagai upaya untuk mendulang suara terbanyak. Namun hendaknya upaya yang dilakukan tidak sampai merendahkan martabat bangsa.

"Kebiadaban-kebiadaban seperti ini harus kita waspadai, bukan dalam rangka menang atau kalah, tetapi untuk membangun demokrasi yang beradab dan bermartabat," tandasnya.

Menurut Bima, cara-cara tersebut bukanlah tradisi dalam berdemokrasi di Indonesia. Hal itu yang harus dicermati oleh setiap tim sukses (Timses).

"Kita melihat ada cara-cara keras dilakukan, cara yang melawan hukum, dan cara-cara yang tidak bermartabat. Kemudian mereka berusaha untuk diproses secara hukum, dan setelah diproses mereka akan mengatakan, ini kriminalisasi," tutupnya. (mdk/noe)

Baca juga:
TKN Klaim Jokowi Selera Publik, Prabowo Belum Mampu Rebut Kepercayaan Rakyat
Modal 3 Kartu, Jokowi Yakin Kalahkan Prabowo di Jawa Barat
Hadiri Festival Satu Indonesia, Jokowi Jelaskan Kartu Prakerja di Depan Milenial
TKN Tegaskan Hubungan Personal Jokowi dan Prabowo Tetap Baik
Andalkan Menantu Jokowi, Ma'ruf Amin Yakin Kontestasi Suara di Sumut Berubah
Kampanye Terbuka, Timses Jokowi Siap Habis-habisan di 34 Provinsi

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.