TKN Yakin Jawa Tengah Bakal Dikuasai Jokowi Karena Basis PDIP

POLITIK | 10 April 2019 11:21 Reporter : Sania Mashabi

Merdeka.com - Tim Kampanye Nasional (TKN) Joko Widodo (Jokowi) dan Ma'ruf Amin yakin pihaknya akan tetap menguasai wilayah Jawa Tengah khususnya Kota Solo. Alasannya, sejak dulu Jawa Tengah adalah basis pendukung dari Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) yang notabene adalah pendukung Jokowi-Ma'ruf.

"Saya kira kalau kita lihat sejarah politik kita, sebetulnya konfigurasi politik kita belum banyak berubah. Solo itu dari dulu ya memang daerah merah. Daerahnya PDIP," kata Wakil Ketua TKN Arsul Sani, pada wartawan, rabu (10/4).

Arsul mengatakan sejak dulu basis partai manapun termasuk partai Islam belum bisa menguasai Jawa Tengah secara mayoritas. Karena itu, dia yakin tidak akan Jawa Tengah akan tetap dikuasai oleh Jokowi-Ma'ruf.

"Partai partai Islam digabung seluruhnya juga tidak pernah, jangankan melewati mayoritas, separuh mayoritas saja tidak," ungkapnya.

Sekretaris Jenderal PPP ini juga sadar tidak semua warga Jawa Tengah adalah pendukung PDIP yang mendukung Jokowi-Ma'ruf. Namun Arsul yakin, tidak akan ada perpindahan basis pemilih di Jawa Tengah secara signifikan meski ada beberapa basis yang mendukung capres-cawapres nomor urut 02 Prabowo Subianto dan Sandiaga Salahuddin Uno.

"Tetapi kan kita juga memahami di daerah tertentu katakanlah daerah basisnya pemilih muslim, saudara kita kelompok muslim vokal. sehingga menimbulkan gambaran telah terjadi pergeseran komposisi pemilih dan sebagainya. Tapi menurut saya tidak akan. Kalaupun ada tentu peningkatan tapi tidak akan banyak," ucapnya.

Baca juga:
Kubu Jokowi Nilai Ancaman People Power Seperti Politik Sengkuni
Prabowo Gebrak Podium Pidato Dinilai Alamiah, Kalau Selfie Orang Jadi Enggak Tertarik
Hari Terakhir Pengurusan Formulir Pindah TPS, Warga Padati Kantor KPU Bekasi
Lagi, Bendera Partai Golkar Berkibar Saat Kampanye Prabowo di Solo
Mahfud MD Ingatkan Sikap Toleransi Antaragama Jelang Pemilu
TKN Yakin Jawa Tengah Bakal Dikuasai Jokowi Karena Basis PDIP

(mdk/eko)