TPS 83 yang Memenangkan Ahok 100 Persen Ternyata Kandang Banteng

POLITIK | 17 April 2019 09:29 Reporter : Merdeka

Merdeka.com - Antusiasme warga Jalan Bakti, RT 04 RW 08, Cililitan, Jakarta Timur dalam menggunakan hak suaranya pada Pemilu 2019 terlihat tinggi. Terutama di TPS 83 yang pada saat Pilkada DKI Jakarta memenangkan Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok 100 persen.

Mereka terlihat bersabar menunggu giliran nama mereka dipanggil. Bagaimana tidak, satu calon pemilih bisa berada di bilik suara mulai dari 5 hingga 10 menit.

Pada Pemilu 2019 kali ini, Komisi Pemilihan Umum (KPU) menentukan Pemilihan Presiden (Pilpres) berbarengan dengan Pemilihan Legislatif (Pileg). Setidaknya ada lima kertas suara yang harus dicoblos calon pemilih.

Para petugas Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) 83 juga terlihat kompak. Mereka mengenakan polo shirt berwarna pink. Rata-rata petugas KPPS di sini adalah wanita.

Seorang warga sekitar yang tak mau disebutkan namanya mengaku yakin jika pasangan Joko Widodo dan Ma'ruf Amin akan meraih suara lebih banyak dibanding pasangan Prabowo Subianto dan Sandiaga Uno.

"Di sini markas PDI Perjuangan," terang dia, Rabu (17/4/2019).

Namun dia tak takin pasangan Jokowi-Ma'ruf akan meraih suara 100 persen di TPS 83 ini. "Ya kita enggak tahu (apakah Jokowi-Ma'ruf akan menang 100 persen). Tapi yang jelas ini markasnya PDI Perjuangan," kata dia.

Sebelumnya, TPS 32 Cililitan Kramatjati, RT 03 dan RT 04 RW 08, pasangan Basuki Tjahaja Purnama-Djarot Saiful Hidayat, menang telak dibandingkan dua pesaingnya yang tak memperoleh satu suara. Data didapat merdeka.com, Kamis (16/2/2017), pasangan Basuki-Djarot mengantongi suara 449 suara. Di TPS itu, hanya ada 3 surat suara tidak sah.

Kemenangan 100 persen pasangan yang didukung PDIP, NasDem, Hanura dan PPP Djan Faridz itu sempat membuat sebagian pihak tidak percaya. Namun Ketua RW 08, Saud Sihombing memberikan penjelasannya kepada pasangan petahana itu bisa unggul di kampung yang terkenal dengan banyak Lapo Batak. Menurut dia, kekompakan warga yang sepakat mencoblos nomor dua membuat suara Ahok, sapaan Basuki dan Djarot unggul.

"Masyarakat bangga karena kekompakkan dan keakraban serta kerjasama," kata Sihombing di rumahnya, Jalan Bhakti, Cililitan, Kamis (16/2).

Sihombing mengungkapkan, di RW 08 ini ada beberapa TPS. Namun hanya TPS 32 yang pemilihnya memilih Ahok-Djarot. "Ada TPS lain di sini, Agus dan Anies ada yang milih tapi tetap Ahok yang unggul," ujarnya.

Sihombing menambahkan, sejumlah program di Jakarta yang manfaatnya sudah dirasakan menjadi alasan selanjutnya mereka memilih Ahok dan Djarot.

"Di sini semua mempunyai KJP untuk anak-anaknya, tentu bangga dong," terang Sihombing.

Reporter: Fachrur Rozie
Sumber: Liputan6.com

Baca juga:
Stasiun Gambir Padat Penumpang Jelang Libur Panjang
Jokowi Bersama Timses Pantau Hitung Cepat Pilpres 2019 di Djakarta Theater
Ditemukan Surat Suara Pilpres 2019 Sudah Tercoblos 01 di Musi Banyuasin
Warga Kelurahan Paseban Kesal, Sudah Kantongi A5 & Masuk DPTB Tapi Dicegat KPPS
Antusiasme Warga Saksikan Ma'ruf Amin Nyoblos di Koja
Napi Korupsi Berbondong-bondong Mencoblos di Sukamiskin

(mdk/fik)