Wapres JK Sebut Demonstrasi Tidak akan Mengubah Hasil Pemilu

POLITIK | 21 Mei 2019 15:45 Reporter : Intan Umbari Prihatin

Merdeka.com - Wakil Presiden Jusuf Kalla mempersilakan siapa saja mengeluarkan pendapat terkait hasil rekapitulasi KPU Pilpres 2019. Dia meminta publik mengutarakan aspirasinya sesuai prosedur.

"Ya saya kira demo itu untuk mendukung proses itu. Silakan aja, karena itu polisi-TNI, keamanan siap menghadapinya. Apabila proses itu dilanggar yang memakai kekerasan memakai demo melanggar lalu lintas terus menerus. Itu pelanggaran," kata JK di Kantornya, Jalan Merdeka Utara, Selasa (21/5).

Dia menilai, aksi yang dilakukan tidak akan menyelesaikan masalah. Walaupun sebanyak apapun masa yang diturunkan tidak akan mengubah hasil pemilu tanpa melalui Mahkamah Konstitusi (MK).

"Apapun, berapa besar demo pun tidak akan mengubah hal. yang mengubah hal apabila ada suatu laporan yang memang terbukti ke MK," kata JK.

Dia pun meminta kepada pihak agar melakukan tindakan sesuai dengan proses hukum. Jika ingin melakukan banding, publik harus menunggu hasilnya. Dia juga meminta kedua belah pihak maupun pendukung harus siap menerima hasil yang ditentukan oleh MK.

"Harus disadari itu bahwa kalau ingin menang secara demokrasi ya harus siap kalah juga secara demokrasi. Artinya menerima kemenangan lawannya," lanjut JK.

Dia juga menjelaskan tidak akan mengganggu pelantikan jika beberapa pihak tidak menerima hasil tersebut. Dia menilai hasil tersebut tetap sah.

"Tidak, tidak akan mengganggu, hanya mengganggu lalu lintas, ganggu ketentraman orang dan masyarakat. Tapi tidak mengganggu keabsahan dan juga pelantikan nanti, tidak akan mengganggu," ungkap JK.

Baca juga:
Polisi Tutup Jalan Sekitar KPU dan Bawaslu Hingga 22 Mei
Wiranto Sebut Rencana Demo Besar-besaran Kepung & Duduki KPU Tindakan Keliru
Massa Gerakan Nasional Kedaulatan Rakyat Geruduk Bawaslu
Peringatan Keamanan Demo 22 Mei Tak Akan Ganggu Ekonomi RI
Demo Tolak Dugaan Kecurangan di Bawaslu, Ribuan Petugas Siaga
Poin-Poin Penting Tanggapan Prabowo soal Hasil Pemilu 2019

(mdk/bal)