Zulkifli Hasan sebut masih ada peluang poros ketiga di Pilpres 2019

Zulkifli Hasan sebut masih ada peluang poros ketiga di Pilpres 2019
Zulkifli Hasan. ©2018 Merdeka.com
POLITIK | 7 Maret 2018 15:50 Reporter : Sania Mashabi

Merdeka.com - Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) Zulkifli Hasan mengatakan, ada kemungkinan terbentuk poros ketiga pada Pilpres 2019. Peluang itu, kata dia, masih terbuka lebar.

"Masih ada peluang. Ada poros tiga, ada poros dua, ada poros satu juga. Masih semua terbuka. Kan baru penjajakan-penjajakan. Saya kira belum ada kesimpulan satu dua atau tiga," katanya di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta Pusat, Rabu (7/3).

Terkait koalisi, pria yang akrab disapa Zulhas ini juga telah melakukan konsolidasi secara informal, baik dengan Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar ataupun Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono.

"Ya kalau silaturahmi kan biasa, apalagi menjelang tahun politik. Jadi ini saya kira bulan-bulan penjajakan bagaimana rancangan untuk Indonesia ke depan," ungkapnya.

"Jadi semua masih terbuka saya kira bisa calon tunggal, bisa dua calon, bisa juga tiga calon. Mungkin nanti bulan-bulan depan bulan Mei udah kelihatan," ucapnya.

Ketua MPR ini belum mengetahui siapa yang akan menjadi inisiator dari poros baru ini. Sebab, semua kemungkinan masih bisa terjadi.

"Ya masing-masing partai politik kan syaratnya 20 persen. Engga mungkin engga koalisi kan. Jadi mesti ketemu. PAN masih 20 persen kurang sedikit, tidak bisa sendiri. Pasti koalisi ngusung bersama-sama. Begitu juga partai lain. Golkar, kan mesti bicara bersama-sama," tandasnya. (mdk/fik)

Baca juga:
AHY sebut terlalu dini bagi Demokrat bahas koalisi Pilpres 2019
HIPMI ajak pengusaha muda pilih Jokowi di Pilpres 2019, ini alasannya
Gerindra sebut pendamping Prabowo di Pilpres harus tokoh nasionalis
Ketum Golkar soal wacana poros partai Islam: Itu kan masih skenario, any poros boleh
Airlangga berharap Demokrat gabung koalisi dan dukung Jokowi di 2019

Banyak orang hebat di sekitar kita. Kisah mereka layak dibagikan agar jadi inspirasi bagi semua. Yuk daftarkan mereka sebagai Sosok Merdeka!

Daftarkan

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami