Bos Lippo sebut pengolahan limbah sangat penting untuk pengembangan kota

PROPERTI | 25 September 2017 20:19 Reporter : Saugy Riyandi

Merdeka.com - Direktur Lippo Cikarang Tbk, Jukian Salim mengatakan pengolahan limbah menjadi bagian paling penting dalam pengembangan kota baru. Pengelolaan limbah ini diperlukan teknologi memadai, sehingga pasokan air di kawasan tersebut aman.

"Infrastruktur yang harus ada dalam suatu kawasan kota baru adalah Water Treatment Plant (WTP) dan Waste Water Treatment Plant (WWTP)," katanya dikutip Antara, Senin (25/9).

Bahkan dengan teknologi terkini juga dikembangkan pengolahan limbah menjadi air bersih, keberadaan Water Treatment Plant ini juga penting untuk memasok kebutuhan air kawasan. Menurutnya, pengembangan kota mandiri harus menciptakan basis ekonomi dan kelengkapan ekologi kota yang dapat menarik minat massa dengan segala aktivitasnya.

Dia mencontohkan, di kawasan Lippo Cikarang seluas sekitar 5.000 hektar, air bersih dipasok oleh Unit Pengolahan Air Bersih (Water Treatment Plant) Lippo Cikarang dengan kualitas air yang memenuhi standar Departemen Kesehatan (SK Menkes No. 416/Menkes/PER/1990) Pusat Penjernihan Air.

Sementara demi keamanan lingkungan, air limbah yang dihasilkan industri-industri di Lippo Cikarang disalurkan melalui pipa-pipa bawah tanah dan diproses di Unit Pengolahan Air Limbah (Waste Water Treatment Plant). "Proses pengolahan air ini sudah memenuhi ketentuan yang ditetapkan pemerintah," katanya. (mdk/sau)

Baca juga:

Ini ciri rumah idaman generasi milenial, termasuk harga Rp 500 juta

Ingin cari rumah idaman, hindari 5 ciri-ciri agen properti ini

Pemerintah nilai proyek Meikarta bantu atasi backlog perumahan

Pengembang asal Hong Kong segera bangun proyek pertama dan terbesar di Alam Sutera

Singgung soal Meikarta, Mendagri minta Pemda permudah izin investasi

Rumah untuk masyarakat bergaji di bawah Rp 4 juta, DP bisa dicicil 12 bulan

TOPIK TERKAIT

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.