Menjaring Kaum Milenial di Kawasan Terpadu Jababeka Residence

PROPERTI | 24 Juni 2019 17:30 Reporter : Anwar Khumaini

Merdeka.com - Apabila menarik waktu kebeberapa tahun yang lalu, keberadaan kaum milenial di negara ini tidaklah terlalu diperhatikan, namun hal tersebut sudah bergeser. Saat ini keberadaan kaum milenial di Indonesia yang berjumlah lebih dari 80jt jiwa atau 1/3 jumlah penduduk Indonesia tidak lagi bisa dipandang sebelah mata. Kaum milenial menjadi memiliki “kekuatan” tersendiri dan dapat mempengaruhi ekonomi dan bisnis di Indonesia.


Begitu juga dampak yang diberikan generasi Y pada industri properti Indonesia. Tidak sedikit pengembang properti yang menyesuaikan beberapa strateginya untuk dapat menjaring segmen pasar baru ini yang populasinya kian meningkat tiap tahun. Jababeka Residence salah satu contohnya dari sedikit developer yang menyadari keberadaan kaum milenial sebagai potensi pasar yang cukup menjanjikan.

"Populasinya semakin tinggi,oleh karena itu diperlukan perhatian dan cara yang berbeda untuk dapat menyentuh segmen milenial," tutur Handoyo Lim selaku General Manager Corporate Marketing Jababeka Residence dalam rilis yang diterima merdeka.com, Kamis (24/6) .


Menurutnya, segmen pasar ini berbeda dengan segmen pasar pada umumnya. Dimana sebagian besar dari kaum milenial lebih fokus kepada kebutuhan lifestyle dan lebih cenderung memberikan atensi kepada hal yang dapat memberikan pengalaman yang berbeda. Sebagian besar Milenial tidak terlalu memberikan kepemilikan yang sifatnya untuk investasi.

"Tentunya ini menjadi tantangan tersendiri bagi pengembang untuk dapat memberikan edukasi dan produk yang sesuai dengan kebutuhannya," papar Handoyo.

Hunian Tepat bagi Kaum Milenial Kaum Milenial memiliki kecenderungan untuk tinggal di suatu kawasan yang dapat memenuhi kebutuhan hidup mereka dengan berbagai fasilitas dan kemudahan di dalamnya. Bagi mereka tempat tinggal adalah tempat pribadi bukan tempat untuk bersosialisasi, dan lokasi menjadi dasar penentu utama dalam pemilihannya. Milenial cenderung butuh tempat tinggal yang simple untuk istirahat namun dapat memberikan kemudahan dan fasilitas yang lengkap.


Untuk mengakomodir kebutuhan dan tantangan dalam menjaring segmen pasar baru ini, Jababeka Residence mengembangkan kawasan hunian modern dan juga lifestyle center dalam Kota Jababeka. Seperti contohnya Apartemen Elvis dan Monroe Apartemen yang berada di kawasan Movieland Jababeka.

Kedua apartemen ini memiliki lokasi yang strategis yang terhubung langsung dengan Hollywood Junction Jababeka yang menjadi pusat kuliner dan hang out spot yang cocok dengan kaum Milenial.

Hollywood Junction juga menjadi pusat berkumpulnya berbagai komunitas yang berada di sekitar Jababeka dan menjadi tempat berlangsungnya berbagai event dan pergelaran seni budaya. Tidak jauh dari kedua hunian modern tersebut, terdapat President University yang memiliki ribuan mahasiswa dari penjuru daerah tiap tahunnya.


Monroe Apartemen yang baru saja resmi Topping Off pada bulan April 2019 lalu sebagai contoh hunian modern yang dapat memenuhi kebutuhan kaum milenial. Disamping memiliki akses langsung ke Hollywood Junction, Monroe Apartemen memiliki beragam fasilitias seperti Gym, Kolam renang, Sky Garden, dan keamanan CCTV 24 jam.

Dengan harga mulai dari Rp 300jtan dengan cicilan 2jt per bulan ditambah dengan lokasi strategis serta fasilitas yang lengkap menjadikan Monroe salah satu pilihan yang sesuai untuk kaum Milenial yang sedang mencari hunian di koridor Timur Jakarta. Monroe apartemen yang memiliki 18 lantai ini telah sukses terjual lebih dari 95%.

(mdk/paw)