Ray Jonsson
Ray Jonsson Olahragawan
Nama Lengkap
Ray Jonsson
Alias
Ray Anthony Pepito Jónsson
Tempat Lahir
Liloan, Cebu
Tanggal Lahir
Sabtu, 3 Februari 1979
Zodiak
Aquarius
Relation
-
Biografi

Lahir di Cebu, Filipina, Ray Anthony Pepito Jonsson adalah seorang pemain sepak bola profesional yang kini bermain untuk klub Liga Premier Iceland, Keflavik. Pria yang sempat dibesarkan di sebuah kota di daerah pantai Timur Filipina yang bernama Liloan ini pindah ke Iceland pada usia delapan tahun. Mulai menggiati karir sepak bola professional di klub Grindavik bersama adik laki-lakinya, Michael, sejak tahun 1997. Pada bulan September 2010, ia tercatat telah mengikuti pertandingan di Liga Premier Iceland sebanyak 146 kali, serta di beberapa pertandingan lokal dan juga di Piala Eropa.

Pria yang berulang tahun setiap tanggal 03 Februari ini pernah bermain dalam dua pertandingan bersama tim Nasional Iceland. Ia mendapatkan ijin untuk bermain bersama kedua Negara, Filipina dan Iceland, tersebut berkat status ayahnya yang merupakan warga Negara Iceland dan ibunya yang warga Negara Filipina. Selain itu juga karena pria setinggi 175cm ini belum pernah bermain untuk timnas senior Iceland, sehingga ia mampu bermain untuk Filipina. Setahun setelah FIFA menghapus batasan umur pemain yang ingin berpindah ke tim Nasional Negara lain pada bulan Juni 2009, Jonsson mendapatkan panggilan untuk membela tim Nasional tanah kelahirannya, Filipina, pada bulan September 2010 untuk bertanding dalam babak kualifikasi AFF Suzuki Cup tahun 2010.

Striker klub Keflavik ini melakukan debut pertamanya bersama tim nasional Filipina dalam pertandingan Final Long Teng Cup tahun 2010 antara Filipina melawan Macau pada tanggal 12 Oktober 2010. Selama babak kualifikasi Suzuki Cup, ia berperan penting dalam kemenangan Filipina atas Timor Leste dan Kamboja. Berkat Jonsson, timnas Filipina untuk pertama kalinya berhasil lolos babak kualifikasi Suzuki Cup dan terus melangkah hingga babak semi-final. Di semi-final Suzuki Cup tersebut, Filipina terpaksa harus pulang ke Negara mereka setelah kalah dari Indonesia dengan skor 2-0.

Riset dan analisis: Sony Anshar

Karir
  • Grindavik (1997-2013)
  • GG, pemain Pinjaman (1997-1998)
  • Volsungur, pemain pinjaman (1999)
  • Keflavik (2013)
  • Tim Nasional Iceland U21 (2001)
  • Tim Nasional Filipina (2010-    )