10 Alasan sehat untuk melepas bra sekarang! [Part 1]

10 Alasan sehat untuk melepas bra sekarang! [Part 1]
SEHAT | 24 Juli 2015 04:36 Reporter : Febrianti Diah Kusumaningrum

Merdeka.com - Bra merupakan jenis pakaian yang diciptakan untuk membantu wanita dalam menyangga dan melindungi payudara mereka. Bra juga bermanfaat untuk menciptakan bentuk tubuh wanita agar terlihat lebih seksi.

Walaupun begitu, banyak penelitian kesehatan yang menyebutkan bahwa pemakaian bra bisa membahayakan kesehatan tubuh wanita. Selain menimbulkan rasa ketidaknyamanan, dilansir dari boldsky.com, berikut adalah alasan kenapa Anda harus menanggalkan bra yang Anda pakai.

1 dari 5 halaman

Kadar melatonin menurun

menurun rev1ilustrasi bra. ©2014 Merdeka.com/Shutterstock/Lonely Walker

Sebuah penelitian kesehatan menunjukkan bahwa ada hubungan antara tingkat penurunan melatonin dalam tubuh dan pemakaian bra. Padahal melatonin sendiri memainkan peranan penting dalam pengaturan pola tidur, mencegah penuaan dini, meningkatkan sistem kekebalan tubuh, serta perlawanan terhadap kanker.

2 dari 5 halaman

Peningkatan hormon penyebab kanker

penyebab kanker rev110 Alasan sehat untuk melepas bra sekarang. www.boldsky.com

Tahukah Anda bahwa pemakaian bra mampu memanaskan jaringan di sekitar payudara Anda? Hal ini mampu meningkatkan kadar hormon penyebab kanker.

3 dari 5 halaman

Munculnya benjolan di payudara

di payudara rev110 Alasan sehat untuk melepas bra sekarang. www.boldsky.com

Salah satu risiko pemakaian bra yang paling umum adalah mampu meningkatkan risiko benjolan atau kista di daerah dada Anda. Oleh karena itu saat sedang tidur, sebaiknya usahakan untuk melepaskan bra yang Anda pakai atau gunakan bra yang tidak terlalu ketat.

4 dari 5 halaman

Meningkatkan risiko kanker payudara

kanker payudara rev110 Alasan sehat untuk melepas bra sekarang. www.boldsky.com

Sebuah penelitian terbaru mengklaim bahwa pemakaian bra mampu berkontribusi terhadap peningkatan kanker payudara. Hal ini diketahui dari hasil penelitian yang melibatkan 2 kelompok perempuan yang memakai dan tidak memakai bra. Peningkatan risiko kanker payudara ini terjadi pada mereka yang sering memakai bra terlalu ketat.

5 dari 5 halaman

Menekan dada

rev110 Alasan sehat untuk melepas bra sekarang. www.boldsky.com

Para ahli kesehatan juga menemukan bahwa beberapa jenis bra dengan desain yang fancy mampu mengganggu sistem pencernaan Anda sebab desain dari bra ini akan menimbulkan tekanan yang besar di dada Anda.

 

  (mdk/feb)

Baca juga:
10 Alasan sehat untuk melepas bra sekarang! [Part 2]
Haruskah memakai bra saat tidur?
Wanita, jangan duduk terlalu lama!
Benjolan di ketiak, apakah itu kanker?
Kenapa kanker payudara disimbolkan dengan pita merah muda?

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami