10 Bahan Alami yang Mampu Usir Radang Tenggorokan

SEHAT | 24 Juli 2019 00:40 Reporter : Rizky Wahyu Permana

Merdeka.com - Radang tenggorokan merupakan infeksi yang terjadi dan disebabkan oleh bakteri. Ketika kamu mengalami masalah ini, terjadi rasa sakit dan gatal yang mengganggu di tenggorokan.

Infeksi ini biasanya diikuti oleh rasa sakit ketika menelan, demam, sakit di tenggorokan, amandel menjadi merah, dan lain sebagainya. Jika kondisi ini tidak segera diatasi, mungkin muncul radang ginjal atau demam rematik.

Untuk mengatasi masalah ini, kamu biasanya bakal mengonsumsi sejumlah obat-obatan. Namun, terdapat juga beberapa bahan alami yang bisa kamu konsumsi untuk mengatasi masalah radang tenggorokan ini. Dilansir dari The Health Site, berikut sejumlah bahan alami yang bisa bantu redakan radang tenggorokan.

1 dari 5 halaman

Elderberry dan Echinacea

1. Elderberry

Elderberry memiliki kandungan antibakteri dan antivirus. Adanya hal ini bisa melindungimu dari terjadinya gejala masalah pernapasan. Kamu bisa mengonsumsi elderberry dalam bentuk mentah, bubuk, atau pun teh untuk mendapat khasiatnya.

2. Bunga Echinacea

Bungan echinacea bisa meningkatkan ketahanan tubuh dan mencegah persebaran infeksi bakteri. Echinacea memiliki kandungan yang bisa bantu menjaga tubuh dari bakteri dan virus yang mau masuk ke dalam sel tubuh.

2 dari 5 halaman

Madu dan vitamin C

3. Vitamin C

Vitamin C bisa meningkatkan daya tahan tubuh. Kandungan ini juga bisa memperbaiki kerusakan saraf di tenggorokan. Kandungan kaya vitamin C ini bisa diperoleh dari jeruk, kale, stroberi, grapefruit, dan kiwi.

4. Madu

Konsumsi madu secara rutin bisa meningkatkan antioksidan di dalam tubuh. Hal ini bisa meningkatkan daya tahan tubuh dan mencegah masuknya bakteri yang bisa membantu cegah infeksi pada tenggorokan.

3 dari 5 halaman

Kaldu Tulang dan Minyak Peppermint

5. Kaldu Tulang

Konsumsi Kaldu tulang bisa membantu menjaga kesehatan tubuh dengan memenuhi nutrisi dan menjaga asupan air dalam tubuh. Makanan ini memiliki kandungan yang bisa mengurangi bengkak dan nyeri sendi.

6. Minyak Peppermint

Minyak peppermint bisa membantu mengurangi bengkak di tenggorokan. Minyak ini juga memberi sensasi dingin dan menenangkan. Untuk menggunakannya, masukkan dua tetes minyak peppermint pada sikat gigi.

4 dari 5 halaman

Berbagai Jenis Minyak

7. Minyak Lemon

Minyak lemon memiliki kandungan antibakteri di dalamnya. Kandungan ini membantu mengusir keluar racun dari dalam tubuh. Minyak ini dapat membatasi perkembangan bakteri tahan antibiotik.

8. Minyak Thyme

Minyak ini dapat meningkatkan kekebalan tubuh serta menyokong sistem pernapasan pada tubuh. Kandungan ini juga dapat membatasi perkembangan bakteri tahan antibiotik. Untuk menggunakannya, masukkan dua tetes minyak thyme pada air dan kumur-kumur menggunakannya.

5 dari 5 halaman

Cuka Apel dan Vitamin D

9. Cuka Apel

Menggunakan cuka apel merupakan cara mudah untuk menghilangkan radang tenggorokan. Kandungan dari cuka apel ini mampu membantu mengobati masalah di tenggorokan serta membantu membunuh bakteri jahat. Cuka apel ini merupakan antibiotik alami yang muncul.

10. Vitamin D

Vitamin D bisa membantu meningkatkan daya tahan tubuh. Kandungan yang diperoleh dari keju, kuning telur, salmon, dan tuna ini bisa memberikan perlindungan dari bakteri. Hal ini juga mencegah munculnya masalah pernapasan lebih lanjut. (mdk/RWP)

Baca juga:
5 Makanan alami untuk sembuhkan penyakit radang tenggorokan
Apa obat terbaik untuk atasi radang tenggorokan?
Minum segelas susu hangat, rahasia untuk lawan radang tenggorokan
Terkena radang tenggorokan? Sembuhkan dengan 5 cara alami ini
Apa beda sakit tenggorokan dan radang tenggorokan?