10 Jenis Berbeda Teh Hijau serta Manfaat Kesehatan yang Dikandungnya

10 Jenis Berbeda Teh Hijau serta Manfaat Kesehatan yang Dikandungnya
Ilustrasi teh hijau. ©2019 Merdeka.com/Pixabay
SEHAT | 5 April 2021 06:00 Reporter : Rizky Wahyu Permana

Merdeka.com - Salah satu minuman kesehatan yang dikonsumsi oleh banyak orang adalah teh hijau. Minuman ini disebut memiliki sejumlah kandungan yang bisa berkhasiat luar biasa bagi kesehatan.

Hal ini menyebabkan teh hijau direkomendasikan untuk dikonsumsi sebagai minuman sehari-hari. Namun, tahukah kamu bahwa ternyata terdapat banyak jenis teh hijau untuk dikonsumsi.

Masing-masing jenis teh hijau ini memiliki karakteristiknya sendiri-sendiri yang berbeda satu sama lain. Jenis berbeda ini bisa disebabkan oleh cara pengolahan yang berbeda antara masing-masing jenis teh.

Sebagian besar jenis teh hijau ini juga dikembangkan dan dikonsumsi secara berbeda di China dan Jepang. Dilansir dari bigflagtea.com, berikut sejumlah jenis teh hijau dan manfaat yang dimilikinya.

1. Sencha

Sencha merupakan jenis teh hijau yang paling umum digunakan dan disebut sebagai teh hijau Jepang. Sencha tumbuh langsung di bawah sinar matahari dan merupakan daun teh yang dipanen pada petikan pertama sehingga cenderung memiliki kualitas terbaik.

Karena merupakan panen pertama teh, sencha biasanya memiliki waktu lebih sedikit dalam proses fotosintesis. Hal ini menyebabkan kandungan mineral dan vitamin C di dalamnya masih cukup tinggi. Kandungan vitamin C ini bisa bermanfaat mengatasi demam dan meningkatkan sistem imun tubuh.

2. Gyokuro

Gyokuro mengalami proses yang sama dengan sencha hanya saja, tiga minggu sebelum dipanen, teh ini ditutupi dari sinar matahari. Hal ini menyebabkan proses fotosintesis yang terjadi lebih sedikit sehingga rasa asam amino di dalamnya lebih kuat.

Secara umum, gyokuro memiliki rasa lebih manis karena tingginya kandungan asam amino. Teh ini juga memiliki kandungan kafein dan klorofil yang tinggi dan bermanfaat untuk menstimulasi otak, sistem saraf, menyehatkan kulit, serta menumbuhkan jaringan.

Baca Selanjutnya: Tencha dan Matcha...

Halaman

(mdk/RWP)

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami