10 Langkah Pertama yang Bisa Kamu Lakukan Ketika Terpapar Air Keras

SEHAT | 13 Desember 2019 00:30 Reporter : Rizky Wahyu Permana

Merdeka.com - Air keras merupakan sebutan yang biasa digunakan untuk menyebut larutan asam kuat yang cukup pekat. KBBI menyebut bahwa air keras memiliki arti sama dengan air api yaitu zat cair yang mudah menyala seperti asam nitrat.

Terdapat beberapa cairan yang bisa digolongkan sebagai air keras. Biasanya isttilah ini digunakan untuk asam sulfat yang dipakai untuk aki, asam klorida untuk membersihkan permukaan logam sebelum disoldir, asam nitrat untuk menguji logam mulia, dan asam fosfat untuk membuat garam fosfat.

Pada saat ini, terjadi banyak penyalahgunaan penggunaan air keras ini. Banyak yang menggunakan air keras ini sebagai senjata untuk mengancam dan menyerang orang lain.

Walau begitu, tak menutup juga kemungkinan bahwa paparan air keras ini juga dapat dialami oleh seseorang akibat kecelakaan. Dampak dari paparan air keras ini terhadap kulit adalah munculnya rasa nyeri yang luar biasa dan bahkan bekas terbakar pada kulit.

Ketika seseorang terpapar air keras karena berbagai macam penyebab, penting untuk segera melakukan penanganan yang tepat. Dilansir dari Boldsky, berikut 10 langkah pertolongan pertama ketika seseorang terpapar air keras.

1 dari 2 halaman

1. Langkah pertama dan paling penting dilakukan adalah segera perhatikan lingkungan sekitar dan pastikan sudah aman dari keberadaan air keras. Waspadai adanya genangan air keras yang bisa mengancam kondisi.

2. Jangan gunakan tangan untuk menyapu atau menghilangkan bekas air keras karena justru bisa membakar tangan.

3. Segera bilas bekas luka bakar dengan air untuk menghilangkan zat kimia dan menghentikan kulit yang terbakar. Pastikan juga bahwa air tersebut cukup bersih dan tidak terkontaminasi.

4. Rendam bekas terbakar dalam air selama setidaknya 20 menit. Setelah itu, pastikan untuk membuang air tersebut secara aman dan tidak dalam jangkauan orang lain.

5. Ketika merendam bekas luka dalam air, coba untuk melepas pakaian atau perhiasan secara perlahan terutama jika ada bekas air keras di dalamnya. Lakukan perlahan karena rentan menyebabkan munculnya masalah pada kulit jika terlalu tergesa-gesa.

2 dari 2 halaman

Apa yang Harus Dilakukan Ketika Air Keras Masuk Mata

6. Jika air keras ini masuk ke mata, alirkan air bersih pada mata selama setidaknya 10 menit. Hal ini membantu membuat mata teraliri air baik bagian dalam serta luar.

7. Jangan sentuh mata karena ada kemungkinan terdapat air keras yang masih menempel pada tangan.

8. Jika seseorang menggunakan lensa kontak saat terpapar atau mendapat serangan air keras, jangan mencopotnya secara paksa.

9. Pastikan air yang kamu gunakan untuk mengatasi rasa terbakar di mata ini tidak terpapar zat kimia lain.

10. Jika memungkinkan, balut daerah yang terpapar air keras dengan kain kasa steril untuk membantu mencegah kontaminasi.

Sejumlah cara itu bisa menjadi pertolongan pertama ketika tidak sengaja terpapar air keras. Setelah itu, sebaiknya segera menuju rumah sakit terdekat untuk mendapat pertolongan lebih lanjut. (mdk/RWP)

Baca juga:
5 Pertolongan pertama ketika kamu mengalami alergi
Mengenal prinsip pertolongan pertama bersepeda gunung
Pertolongan pertama masalah ketombe dengan cepat di kulit kepala
Ini pertolongan pertama yang harus dilakukan jika digigit ular
Sejumlah Tips yang Bisa Kamu Lakukan Agar Tidak Terbiasa Makan Berlebihan

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.