10 Makanan dan Minuman yang Bisa Menjadi Penyebab Kamu Mengalami Diare

10 Makanan dan Minuman yang Bisa Menjadi Penyebab Kamu Mengalami Diare
SEHAT | 8 Oktober 2020 00:50 Reporter : Rizky Wahyu Permana

Merdeka.com - Diare merupakan salah satu respons tubuh ketika terjadi masalah pencernaan. Oleh karena itu, kondisi ini sangat erat kaitannya dengan makanan atau minuman yang kamu konsumsi.

Penyebab diare bisa sangat berbeda bagi masing-masing orang. Ketika kamu memiliki intoleransi terhadap makanan, mengonsumsi makanan tertentu bisa menyebabkan diare, atau tinja yang cair.

Intoleransi terhadap makanan bisa menjadi penyebab terjadinya diare kronis. Gejala lain yang biasa muncul adalah kram perut atau nyeri, kembung, dan bergas.

Selain intoleransi makanan, terdapat sejumlah hal yang bisa menyebabkan diare. Hal ini bisa terjadi karena alergi makanan atau penyerapan makanan secara salah.

Sejumlah makanan tertentu juga bisa menyebabkan diare bahkan pada orang yang tidak memiliki intoleransi makanan. Makanan ini kerap mengandung rempah-rempah, perasa buatan, minyak, atau stimulan pencernaan dalam jumlah banyak.

Sejumlah makanan penyebab terjadinya diare ini perlu dihindari ketika mengalami kondisi pencernaan yang lemah. Dilansir dari Healthline, berikut sejumlah makanan yang menjadi penyebab terjadinya diare.

Baca Selanjutnya: Makanan Pedas dan Manis...

Halaman

(mdk/RWP)

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami