10 Makanan yang Memiliki Dampak Buruk Terhadap Otak

SEHAT | 16 Juni 2019 00:40 Reporter : Rizky Wahyu Permana

Merdeka.com - Makanan yang dikonsumsi sehari-hari bisa sangat menentukan kondisi kesehatan tubuhmu secara keseluruhan. Salah satu hal yang bisa sangat dipengaruhi dari jenis makanan yang kamu pilih ini adalah otakmu.

Tidak hanya secara positif, konsumsi makanan tertentu juga bisa menyebabkan dampak negatif pada otak. Dilansir dari Medical Daily, berikut sepuluh makanan yang bisa berakibat negatif pada otak.

1. Goreng-Gorengan

Goreng-gorengan diketahui mengandung kalori dan lemak dalam jumlah banyak. Makanan ini bisa menyebabkan radang di otak yang berujung pada hilangnya ingatan dan brain fog.

2. Makanan Cepat Saji

Makanan cepat saji telah lama dihubungkan dengan masalah kesehatan termasuk obesitas. Jenis makanan dengan kandungan lemak yang tinggi ini bisa mengurangi kemampuan tubuh untuk melawan alzheimer. Keberadaan sodium pada makanan ini juga berakibat pada menurunnya ingatan.

3. Pemanis Buatan

Walau sering dihubungkan dengan bertambahnya berat badan, pemanis buatan juga buruk untuk otak. Pasalnya, diabetes sangat memiliki hubungan dengan demensia sehingga jenis makanan ini juga bisa berakibat buruk pada otak.

4. Minuman Berpemanis

Minuman bersoda, minuman berenergi, jus kemasan, dan minuman dengan pemanis lainnya memiliki jumlah kalori dan gula yang sangat tinggi. Sama seperti pemanis buatan, minuman ini buruk untuk otak karena bisa menyebabkan demensia.

5. Ikan

Pada beberapa jenis ikan tertentu, terdapat kandungan merkuri yang bisa berdampak negatif bagi fungsi kognitif otak. Jenis ikan yang dimaksud adalah tuna, king makarel, hiu, dan gindara.

6. Makanan Tinggi Sodium

Makanan tinggi sodium harus dihindari demi kesehatan otak. Jenis makanan ini bisa meningkatkan risiko demensia dan alzheimer pada diri kamu.

7. Minyak Sayur

Jenis minyak tertentu seperti bunga matahari, kedelai, dan canola mengandung asam lemak omega-6 dalam jumlah tinggi. Mengonsumsi minyak jenis ini dalam jumlah banyak dapat memicu munculnya radang pada otak.

8. Margarin

Margarin tidak selamanya lebih baik dibanding dengan mentega. Margarin dapat mempengaruhi kesehatan otak karena menggumpalnya protein bernama beta-amiloid yang bisa menyebabkan berkembangnya alzheimer.

9. Keju yang Diproses

Jenis keju yang diproses seperti keju parut, keju potong, dan stringed cheese merupakan beberapa jenis keju yang diproses. Keju kemasan menyebabkan produksi dari protein di dalam tubuh yang menyebabkan munculnya alzheimer.

10. Daging Kemasan

Daging kemasan seperti sosis, kornet, bacon, dan daging kemasan lainnya biasa digunakan menggunakan pengawet, gula, dan sodium. Sejumlah bahan tersebut diketahui bisa berdampak buruk pada tubuh dan otak.

Sejumlah bahan tersebut bisa berbahaya bagi otak karena sejumlah kandungan yang dimilikinya. Walau begitu, kamu tak harus menghindarinya sama sekali. Konsumsi dalam jumlah yang cukup tetap bisa membuat kamu terhindar dari sejumlah masalah yang mungkin muncul pada otak.

Baca juga:
Dampak Mengerikan yang Timbul dari Konsumsi Alkohol Terhadap Otak Kamu
Sejumlah Bahan Rumahan Sederhana yang Bisa Digunakan untuk Atasi Epilepsi
Konsumsi Jamur Ternyata Bisa Cegah Penurunan Fungsi Otak
Perkembangan Tubuh Batita Ternyata Berhubungan dengan Perkembangan Otak
6 Makanan yang Dapat Meningkatkan Kecerdasan Otak
Studi: Sarapan Bernutrisi Tingkatkan Nilai Akademik Anak 4 Kali Lipat

(mdk/RWP)

TOPIK TERKAIT
BERI KOMENTAR
Join Merdeka.com