10 Manfaat Belerang untuk Kecantikan dan Kesehatan Kulit

SEHAT | 14 November 2019 12:17 Reporter : Khulafa Pinta Winastya

Merdeka.com - Manfaat belerang untuk mengatasi berbagai masalah kulit memang sudah tidak diragukan lagi khasiatnya. Meski memiliki bau tak sedap, namun belerang bisa dijadikan obat berbagai penyakit kulit.

Untuk beberapa orang yang memiliki masalah gatal-gatal, biasanya mereka akan berendam di dalam air belerang, atau mengoleskan sari belerang ke bagian kulit bermasalah. Akhir-akhir ini, penggunaan masker belerang untuk wajah sedang menjadi sebuah tren di dunia kecantikan. Di lansir dari laman healthline, masker belerang dianggap dapat memberi manfaat positif pada wajah.

Belerang adalah sebuah zat kimia yang termasuk ke dalam unsur non-logam, tidak memiliki rasa tetapi memiliki aroma khas. Belerang banyak ditemukan di berbagai wilayah pegunungan Indonesia seperti gunung Tangkuban Perahu Jawa Barat, dan Dieng Jawa Tengah.

Sejak zaman dahulu, belerang sudah menjadi salah satu elemen penting bagi kehidupan. Selama ini, belerang lebih banyak digunakan untuk keperluan pertanian, seperti pembuatan pupuk sulfat dan fosfat.

Kini, tidak hanya di bidang pertanian saja, manfaat belerang juga sudah mulai dirasakan di bidang kesehatan dan kecantikan. Belerang dianggap mengandung zat anti bakteri dan anti inflamasi yang mampu mengatasi berbagai masalah kulit.

Berikut manfaat belerang untuk kecantikan dan kesehatan kulit yang sudah dirangkum dari berbagai sumber :

1 dari 5 halaman

Mengatasi Jerawat

Manfaat belerang yang pertama adalah untuk mengobati jerawat. Selain menimbulkan rasa perih dan gatal, jerawat juga mengganggu penampilan dan membuat kepercayaan diri beberapa orang yang berjerawat menjadi berkurang.

Belerang menjadi salah satu solusi yang bisa digunakan untuk mengatasi masalah jerawat. Belerang mengandung anti bakteri yang mampu melenyapkan bakteri penyebab jerawat dan memulihkan bagian kulit yang terdapat bekas jerawat.

Mengobati Panu dan Kurap

Manfaat belerang juga bisa dirasakan untuk menyembuhkan penyakit panu dan kurap. Manfaat belerang untuk panu dan kurap dapat dilihat hasilnya dengan cara mencampurkan bubuk belerang dengan minyak sayur, kemudian mengoleskannya pada bagian kulit yang terdapat panu dan kurap.

2 dari 5 halaman

Mengatasi Gatal-Gatal

Masalah gatal-gatal biasanya disebabkan karena bakteri dan kuman, jika tidak segera diatasi lama kelamaan kulit akan menjadi iritasi karena terlau sering di garuk. Untuk itu, berendam di air belerang bisa dilakukan oleh penderita gatal-gatal.

Sifat belerang yang panas, dan kandungan anti bakterinya mampu membasmi kuman serta jamur dan bakteri yang menyebabkan penyakit kulit seperti gatal-gatal, koreng dan kudis sembuh secara efektif.

Mengobati Eksim

Manfaat belerang selanjutnya bisa digunakan untuk menyembuhkan eksim, penyakit gatal-gatal ini menyerang kulit hingga menimbulkan koreng bernanah. Biasanya disebabkan oleh jamur dan bakteri.

Mengangkat Sel-Sel Kulit Mati

Penumpukan sel-sel kulit mati bisa membuat wajah menjadi kusam, untuk itu sel-sel tersebut harus segera dibersihkan. Penggunaan belerang mampu menjadi solusinya, hal ini dikarenakan belerang memiliki sifat keratolitik yang mampu membersihkan sel kulit mati.

3 dari 5 halaman

Membersihkan Kotoran di Pori-pori

Manfaat belerang juga bisa digunakan untuk membersihkan pori-pori kulit. Penggunaan belerang pada kulit akan membuat bakteri yang ada di dalam pori-pori tertarik keluar. Selain itu, minyak di wajah yang menyumbat pori-pori juga bisa dibersihkan keluar.

Mengatasi Penyakit Rosacea

Belerang juga bisa digunakan untuk mengobati penyakit rosacea. Penyakit ini memiliki gejala kemerahan pada wajah yang diakibatkan oleh bakteri dan radang. Penggunaan belerang pada wajah yang mengalami penyakit ini bisa meredakan peradangan yang terjadi dan menghambat pertumbuhan bakteri.

Mengatasi Penuaan Dini

Manfaat belerang juga bisa membuat kulit keriput akan kembali kencang bahkan lebih halus. Penggunaan masker belerang juga dipercaya mampu menghilangkan bintik-bintik penuaan serta mata panda.

4 dari 5 halaman

Menyembuhkan Ketombe

Manfaat belerang juga bisa dirasakan untuk menyembuhkan kulit kepala yang bermasalah seperti ketombe. Belerang bisa melakukan tindakan eksfoliasi pada kulit rambut secara teratur sehingga menghilangkan ketombe di rambut.

Mengobati Nyeri Radang Sendi

Belerang yang digunakan untuk mengurangi nyeri pada sendi biasanya terdapat di dalam suplemen, biasanya ditemukan dalam bentuk sulfoxide dimetil (DMSO) dan methylsulfonylmethane (MSM).
Dalam dunia kesehatan, MSM penting untuk kesehatan sendi dan membantu pembentukan jaringan ikat, seperti tulang rawan, tendon, dan ligamen.

5 dari 5 halaman

Cara Buat Masker Belerang

  • Gunakan belerang secukupnya ( gunakan sekitar 2-3 sendok belerang yang sudah di haluskan.
  • Berikan sedikit air.
  • Aduklah belerang hingga tercampur rata dengan air dan bertekstur seperti pasta.
  • Belerang siap digunakan untuk masker.
  • Setelah membersihkan muka dengan mencuci, masker ini siap dioleskan ke muka secara merata. Masker belerang ini juga bisa ditambahkan dengan bahan lain seperti madu, minyak zaitun, minyak kelapa, dan air mawar.
(mdk/khu)