10 Manfaat Daun Dewa untuk Kesehatan

SEHAT | 14 November 2019 15:50 Reporter : Addina Zulfa Fa'izah

Merdeka.com - Sebagian orang masih belum mengenal daun dewa. Daun dewa memiliki tinggi sekitar 30-40 cm dengan panjang sekitar 20 cm dan lebar 10 cm. Daun dewa merupakan tumbuhan yang tegak, dengan batang daun pendek lunak berbentuk segi lima dan penampang berbentuk lonjong, serta berambut pada sisi luar.

Daun dewa (gynura procumbens) atau biasa dikenal dengan daun sambung nyawa ternyata memiliki manfaat yang luar biasa bagi kesehatan. Di Indonesia, daun dewa sering kali dijadikan sebagai jamu.

Bagian yang sering digunakan sebagai pengobatan yaitu daunnya yang mengandung senyawa flavonoid, saponin dan minyak atsiri. Pengolahan daun dewa dapat dengan daun segar yang disajikan langsung.

Mengonsumsi obat herbal yang berupa jamu rebusan rumah relatif lebih aman dikonsumsi, karena zat-zat toxic yang mungkin terkandung telah mengalami perubahan struktur kimia.

Dirangkum dari beberapa sumber, daun dewa memiliki banyak manfaat untuk kesehatan, berikut manfaat daun dewa untuk kesehatan :

1 dari 5 halaman

Manfaat Daun Dewa Sebagai Obat Herpes

Dilansir dari Hellosehat, manfaat daun dewa ini diterbitkan oleh jurnal Evidence-Based Complementary and Alternative Medicine tahun 2013, yang menyebutkan bahwa ekstrak etanol dari daun dewa dapat mematikan dan menghambat virus herpes simplex HSV-1 dan HSV-2 untuk menggandakan diri dalam tubuh.

Sebagai Obat Hipertensi

Salah satu manfaat daun dewa yaitu mengobati hipertensi. Journal of Acupuncture and Meridian Studies (JAMS) 2013 menyebutkan bahwa etanol dalam daun dewa dipercaya dapat menurunkan tekan darah tinggi atau hipertensi.

2 dari 5 halaman

Obat Diabetes

Jurnal Frontiers of Pharmaclogy menyebutkan bahwa manfaat daun dewa berasal dari kandungan penyembuhan yang serba ada yaitu mulai dari antihipertensi, kardioprotektif, antikanker, antihiperglikemik, antibakteri, antioksidan serta anti peradangan.
Daun dewa dipercaya dapat digunakan untuk pengobatan penyakit seperti diabetes, demam, hipertensi maupun sembelit. Selain itu daun dewa juga dipercaya dapat mengobati penyakit ginjal dan reumatik.

Obat Stroke

Manfaat daun dewa selanjutnya yaitu antihipertensi dan kardiprotektif yang dipercaya dapat sebagai pelindung jantung. Karena hal ini, daun dewa dipercaya dapat menjadi obat alternative untuk mengobati penyakit jantung dan juga stroke.
Apabila seseorang terkena stroke, maka segeralah bawa orang tersebut untuk segera mendapatkan penanganan medis.

3 dari 5 halaman

Herbal Antikanker

Dilansir dari deherba.com, daun dewa dapat membantu pengobatan kanker, karena berkaitan erat dengan senyawa aktif seperti flavoid, sekuiter, lakton, dan monoterpene yang diketahui sangat berperan penting dalam menghambat pertumbuhan dan perkembangan sel kanker.

Jurnal PLos ONE menyebutkan bahwa protein dalam daun dewa yang disebut peroksidase dapat bekerja menghambat pertumbuhan sel kaker payudara. Oleh karena itu, peneliti mempercayai bahwa daun dewa berpotensi menjadi pilihan untuk pengobatan kanker payudara.

Untuk Luka Memar

Daun dewa memiliki senyawa aktif yaitu flavoid. Senyawa ini terbukti dapat mencegah penggumpalan atau pembekuan darah, sehingga apabila seseorang mengalami luka memar, senyawa flavoid dapat membantu meleburkan gumpalan darah yang terbentuk untuk mengurangi pembengkakan.

4 dari 5 halaman

Untuk Peradangan

Manfaat dari daun dewa lainnya yaitu sebagai obat peradangan. Senyawa saponin yang dimiliki oleh daun dewa dapat membantu peradangan, seperti ketika seseorang mengalami peradangan kulit, senyawa saponin dapat membantu mengobati luka dan peradangan pada kulit tersebut.

Untuk Menghentikan Pendarahan

Senyawa saponin yang terkandung dalam umbi tanaman daun dewa dapat berkhasiat untuk menghentikan pendarahan, hal ini dikarenakan saponin merupakan senyawa aktif sejenis glukosida yang dapat menetralisir racun serta membasmi virus.

5 dari 5 halaman

Mencegah Pembekuan Darah

Daun dewa memiliki sifat antikoagulan yang berfungsi untuk mencegah pembekuan darah serta mengencerkan darah, yang artinya daun dewa dapat berfungsi untuk melancarkan peredaran darah.

Untuk Tuberculosis

Manfaat lain dari daun dewa yaitu untuk pengobatan tuberculosis. Ada pula yang mengolah daun dewa menjadi the herbal karena memiliki manfaat sebagai antibakteri yang dapat membasmi kuman bakteri penyebab penyakit paru-paru, sehingga dianjurkan untuk penderita tuberculosis.

(mdk/add)