11 Cara Alami untuk Mengatasi Suara Serak atau Hilang yang Mungkin Kamu Alami

SEHAT | 29 September 2019 00:40 Reporter : Rizky Wahyu Permana

Merdeka.com - Ketika kamu sedang flu atau mungkin setelah menonton konser dan pertandingan sepak bola, mungkin terjadi perubahan dalam suaramu. Biasanya suaramu bakal menjadi serak atau mungkin menghilang.

Kondisi suara berubah menjadi serang ini biasa disebut sebagai laringitis. Hal ini terjadi lantaran kotak suara atau laring mengalami peradangan sehingga suaramu menjadi serak atau mungkin hilang sepenuhnya.

Menurut WebMD, laringitis dapat terjadi secara kronis atau dalam waktu yang singkat. Biasanya hal ini terjadi secara cepat dan bakal hilang setelah beberapa hari atau minggu.

Laringitis sementara bisa terjadi karena virus, infeksi bakteri, atau suara yang meregang. Laringitis dalam waktu lama bisa disebabkan karena asam lambung, iritan seperti asap atau alergen, sinusitis kronis, konsumsi alkohol, serta merokok.

Masalah laringitis biasanya bukan hal besar dan hanya mengganggu. Hal ini bisa membuatmu mengalami masalah saat berbicara terutama ketika suaramu berubah menjadi aneh.

Sejumlah bahan alami dan cara sederhana bisa kamu gunakan untuk mengatasi atau mengobati suaramu yang berubah menjadi serak. Dilansir dari mnm, berikut sejumlah cara alami yang bisa kamu gunakan untuk mengobati suara serak.

1 dari 11 halaman

Berhenti Berbicara Sementara Waktu

Ketika kamu mengalami laringitis, terutama disebabkan karena terlalu banyak teriak dan bicara, penting untuk mengistirahatkan suaramu. Sebisa mungkin hindari untuk berbicara.

Jika harus berbicara, lakukan dengan suara pelan namun jangan berbisik. Berbisik bisa membuat pita suara lebih tegang dibanding berbicara.

2 dari 11 halaman

Pastikan untuk Terus Minum

Disarankan untuk mengonsumsi banyak air minum terutama dalam kondisi hangat. Usahakan hindari alkohol dan kafein karena bisa membuatmu mengalami dehidrasi.

3 dari 11 halaman

Pastikan Tenggorokan Tetap Lembap

Melembapkan tenggorokan bisa kamu lakukan dengan mengisap peleha tenggorokan, permen bebas gula, atau permen karet. Hal ini bisa membuat tenggorokanmu terhindar dari rasa gatal mengganggu.

4 dari 11 halaman

Hirup Uap Hangat

Menghirup uap air panas bisa membantu mengatasi masalah ini. Kamu juga bisa menggunakan humidifier atau vaporizer untuk memlembapkan udara di rumahamu.

5 dari 11 halaman

Jangan Keseringan Berdehem

Ketika suaramu menjadi aneh dan tenggorokan gatal, salah satu hal yang biasanya kamu lakukan adalah berdehem untuk meringankannya. Namun hal ini ternyata malah membuatnya semakin buruk dan bisa menjadikan suaramu semakin serak.

6 dari 11 halaman

Berkumur

Legakan tenggirikan dengan berkumur menggunakan setengah sendok teh garam yang dicampur dengan air hangat. Jangan sampai berlebihan menggunakan garam karena justru bisa membuat iritasi semakin buruk.

7 dari 11 halaman

Minum Madu

Campur setengah sendok teh madu dengan air atau teh hangat. Hal ini bisa meredakan tenggorokan dan meredakan suara serak yang kamu alami.

8 dari 11 halaman

Es Krim

Ketika air garam bagimu kurang menarik, kamu bisa mengonsumsi es pop yang rasanya lebih lezat dan dingin. Hal ini juga bisa kamu gunakan untuk meredakan suara serak.

9 dari 11 halaman

Gunakan Herba

Beberapa tanaman herba bisa meredakan iritasi di tenggorokan. Kamu bisa mengonsumsinya secara langsung atau dalam bentuk permen pereda tenggorokan, obat batuk, dan teh.

10 dari 11 halaman

Kunyah Jahe

Jahe segar bisa membantu melegakan membran lendir yang meradang di laring. Kamu bisa mengonsumsi jahe secara langsung, dalam bentuk minuman, atau permen.

11 dari 11 halaman

Hindari Rokok dan Alkohol

Jika kamu perokok dan peminum alkohol, hentikan kebiasaanmu tersebut. Kedua hal ini bisa membuat laringitis yang kamu alami semakin memburuk.

Sejumlah hal tersebut penting untuk kamu ketahui ketika mengalami masalah tenggorokan. Pastikan untuk melakukan sejumlah hal tersebut agar suara serak yang kamu alami menghilang dan sembuh. (mdk/RWP)

Baca juga:
5 Alasan Kamu Tak Boleh Mengonsumsi Makanan yang Sama Setiap Hari
5 Cara Alami dan Sederhana untuk Meredakan Demam dan Pilek
3 Hal yang Harus Dilakukan Ibu Hamil Berisiko Tinggi Agar Bayi Lahir Sehat
5 Hal tidak Boleh Dilakukan Sebelum Memeriksakan Diri ke Dokter
Penyebab Rasa Sakit di Telapak Kaki dan Cara Mengatasinya
5 Hal yang Secara Alami Bisa Meredakan Sakit Tenggorokan