11 Cara Menjaga Kesehatan Mata, Demi Penglihatan Tetap Baik dan Optimal

11 Cara Menjaga Kesehatan Mata, Demi Penglihatan Tetap Baik dan Optimal
Jaga kesehatan mata. ©Shutterstock
SEHAT | 22 Juli 2022 13:27 Reporter : Gilar Ramdhani

Merdeka.com - Sebagai indera penglihatan, mata memiliki peranan yang sangat penting bagi kehidupan manusia. Setiap bagiannya memiliki fungsi tersendiri, mulai dari bagian luar yakni kelopak mata dan bulu mata, hingga bagian dalam mata seperti kornea, retina hingga pupil.

Dengan sistem kerja yang cukup kompleks, sayangnya, tidak sedikit orang yang masih mengabaikan kesehatan mata, dari anak-anak, remaja hingga orang dewasa. Padahal, seiring bertambahnya usia, kinerja mata akan menurun yang membuat penggunaan kacamata meningkat di usia tua.

Itu baru faktor usia, belum lagi dengan kebiasaan orang sekarang yang banyak menghabiskan waktu dengan layar digital. Selesai dengan urusan layar digital, mata masih harus bekerja untuk aktivitas sehari-hari yang membutuhkan konsentrasi dan kekuatan ekstra, seperti berkendara dan lainnya.

Untuk menjaga kesehatan mata Anda dan berfungsi dengan baik, lakukan beberapa hal ini seperti dikutip dari berbagai sumber:

1. Atur jarak mata dari layar

Kerap bekerja di depan layar digital seperti komputer dan laptop dapat membuat mata Anda cepat lelah dan kering. Untuk posisi, Anda bisa mengatur agar jarak antara layar dan mata Anda sekitar 50 – 60 cm. Lalu, gunakan layar penggelap atau atur kecerahan layar digital sehingga tidak terlalu memberatkan kerja mata Anda.

2. Atur penerangan ruang kerja

jaga kesehatan mata
Ilustrasi ruang kerja di rumah.

Penerangan di ruang kerja Anda juga penting. Pastikan terdapat penerang ruangan atau lampu di atas layar atau kepala Anda. Bila mata terasa lelah, ambil waktu untuk mengistirahatkan mata.

3. Alihkan Pandangan Sejenak

Agar tidak membuat mata cepat lelah dan kering, Anda dapat mempraktikkan aturan 20- 20-20 yang telah disepakati oleh para ahli sebagai cara untuk menjaga mata tidak terlalu ‘tersiksa’. Setiap 20 menit, istirahatkan mata Anda dengan melihat ke kejauhan sejauh 20 kaki (6 meter) selama 20 detik.

4. Atur cahaya ponsel

Atur cahaya dari layar agar tidak terlalu redup atau terlalu terang. Anda juga dapat memperbesar ukuran tulisan atau font pada gadget agar lebih mudah dibaca dari jarak 30–40 cm. Sama dengan pengguna komputer, Anda dapat mempraktikkan metode 20–20–20 untuk relaksasi mata.

5. Sering berkedip

jaga kesehatan mata
Jaga kesehatan mata. ©Shutterstock

Anda disarankan untuk berkedip lebih sering untuk melembapkan mata dan menghindari gejala mata kering. Rata-rata satu dari tiga orang lupa berkedip saat bekerja. Akibatnya mata jadi gatal, kering, dan mengganggu penglihatan. Kedipkan mata setidaknya 10-20 kali dalam 1 menit.

6. Gunakan kacamata anti sinar UV

Untuk itu, jika Anda berada di luar ruangan, gunakanlah kacamata surya yang melindungi Anda dari UV-A dan UV-B. Topi atau payung juga dapat membantu melindungi mata Anda dari sinar ultraviolet. Radiasi sinar matahari terus menerus dapat menyebabkan katarak pada mata berkembang lebih cepat.

7. Rawatlah lensa kontak

jaga kesehatan mata
Ilustrasi lensa kontak. ©Shutterstock

Jaga kebersihan kontak lensa, selalu perhatikan kebersihan tangan saat memakai kontak lensa dan jangan memakai kontak lensa saat tidur. Gunakan cairan kontak lensa yang sesuai dengan perhatikan tanggal kadaluwarsa dari cairan dan kontak lensa Anda.

Hindari pemakaian lensa kontak terlalu lama. Batas wajar pemakaian lensa kontak sendiri ialah 8 jam. Namun apabila merasakan mata kering Anda harus dengan segera meneteskan obat khusus lensa kontak.

8. Hati-hati saat memakai rias mata

Percantik diri dan penampilan, para wanita akan membubuhkan riasan pada mata mulai dari eyeshadow, eyeliner, dan sebagainya. Pastinya menggunakan produk yang aman, peralatan riasan yang bersih dan steril. Bersihkan kembali riasan mata dengan seksama sebelum tidur. Selain itu, perhatikan tanggal kadaluwarsa produk make up Anda, terutama make up bentuk cairan atau krim seperti misalnya mascara.

9. Jangan sepelekan keluhan mata

Jika mata terasa gatal ataupun perih, Anda pasti akan reflek mengucek mata untuk mengurangi rasa gatal. Hati-hati, jangan terlalu sering ya karena itu tidak aik apalagi bila ada sesuatu yang mengganjal di mata. Cari cermin atau melihat dari layar kamera depan untuk melihat secara kasat mata yang terjadi dengan mata Anda. Untuk pertolongan pertama, Anda bisa bilas mata dengan air bersih atau dengan obat tetes mata sesuai keluhan.

10. Makanan Sehat untuk Mata

jaga kesehatan mata
Ilustrasi makanan untuk mata sehat. ©Shutterstock.

Kesehatan mata dipengaruhi oleh kesehatan sel-sel saraf dan juga pembuluh darah. Menjaga kesehatan itu bisa dimulai dari mengonsumsi makanan sehat yang mengandung asam lemak omega-3, lutein, zink, vitamin C, dan vitamin E yang diketahui baik untuk menjaga fungsi organ mata. Deretan kandungan gizi tadi bisa membantu melindungi mata dari katarak dan degenerasi makula.

Jenis makanan yang bisa menjadi pilihan adalah sayuran hijau seperti kangkung, bayam, brokoli, dan sebagainya. Ikan salmon atau tuna adalah sumber omega-3 yang baik. Telur dan kacang-kacangan juga bisa menjadi pilihan. Lengkapi dengan buah seperti jeruk dan stroberi. Selesai makanan sehat, Anda perlu memastikan gaya hidup sehat, salah satunya dengan tidak merokok.

11. Pemeriksaan mata secara rutin

Seperti halnya pemeriksaan gigi, ada atau tidak ada keluhan, Anda disarankan untuk rutin melakukan pemeriksaan mata setiap enam bulan sekali. Terlebih bagi Anda yang menggunakan kacamata maupun lensa kontak. Dengan cek mata secara rutin, bila ada gangguan pada mata maka bisa terdeteksi dini, sehingga bisa segera diberikan terapi yang tepat sebelum kondisi memburuk atau menimbulkan komplikasi yang mempengaruhi fungsi penglihatan.

Jaga mata Anda hari ini untuk fungsi penglihatan yang lebih baik di masa sekarang maupun mendatang.

(mdk/gir)

Baca berita pilihan dari Merdeka.com

Mari bergabung di Grup Telegram

Merdekacom News Update

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Opini