11 Cara Mudah agar Kamu Lebih Cepat Terlelap di Malam Hari Tanpa Rasa Cemas

11 Cara Mudah agar Kamu Lebih Cepat Terlelap di Malam Hari Tanpa Rasa Cemas
SEHAT | 4 April 2020 00:40 Reporter : Rizky Wahyu Permana

Merdeka.com - Kondisi yang serba tak menentu seperti saat ini sering membuat kita menjadi lebih sulit tidur. Hal ini dialami walau kita menghabiskan lebih banyak waktu saat di rumah.

Kecemasan dan kekhawatiran yang kita miliki terkait pandemi COVID-19 menganggu kualitas tidur yang kita miliki. Hal ini membuat pada malam hari kita menjadi sulit tidur dan semakin cemas.

Hasilnya, pada pagi harinya kita terbangun dengan perasaan tidur tak nyenyak. Hal ini bakal berputar secara terus-menerus dan bisa berdampak pada kesehaan kita.

Agar pola tidur kita kembali normal dan sehat, perlu terjadi sejumlah perubahan pada hidup kita. Dilansir dari Harvard Health Blog, berikut sejumlah perubahan yang bisa dilakukan untuk kembali mendapat pola tidur yang sehat.

1 dari 11 halaman

Lakukan Aktivitas secara Rutin

Bangun pada waktu yang sama setiap hari. Pola tidur yang teratur juga bisa membantu jam tidur alami tubuh. Sebagai tambahan, terapkan jadwal teratur untuk makan, olahraga, sera aktivitas lainnya.

2 dari 11 halaman

Nikmati Cahaya Pagi

pagi

Nikmati cahaya pagi dengan cara membuka jendela atau berjemur untuk membantu mengatur jam tubuh secara alami. Cahaya alami dari matahari bahkan di waktu mendung memiliki manfaat sangat besar bagi tubuh. Nikmati cahaya matahari setidaknya 15 hingga 20 menit setiap harinya.

3 dari 11 halaman

Berolahraga

Olahraga rutin setiap hari bisa meningkatkan kualitas tidur, menurunkan stres, serta meningkatkan mood. Jika kamu harus berolahraga di luar ruangan, pastikan untuk menjaga jarak dari orang si sekitarmu.

4 dari 11 halaman

Jangan Tidur Siang

siang

Walau pada siang hari kamu mungkin mengantuk, namun sebaiknya jangan tidur siang. Jika memang sudah sangat mengantuk dan butuh tidur, sebaiknya batasi dalam waktu di bawah 30 menit.

5 dari 11 halaman

Hindari Kafein di Sore dan Malam Hari

Minuman yang mengandung kafein seperti kopi, teh, dan minuman bersoda sebaiknya dihindari. Batasi konsumsinya sebelum jam dua siang agar kamu bisa tidur dengan nyenyak di amalm harinya.

6 dari 11 halaman

Hindari Berita dan Penggunaan Alat Elektronik

dan penggunaan alat elektronik

Sebelum tidur, sebaiknya hindari membaca berita serta penggunaan berbagai alat elektronik. Hal ini bisa membuatmu semakin khawatir dan cemas terhadap kondisi saat ini sehingga kamu kesulitan tidur. Penggunaan alat elektronik juga bisa membuatmu terjaga semakin lama.

7 dari 11 halaman

Kurangi Asupan Alkohol

Walau alkohol bisa menyebabkan kamu mengantuk, namun di malam harinya minuman ini bisa membuatmu sulit tertidur. Demi kualitas tidur yang baik, usahakan untuk menghindari minuman ini.

8 dari 11 halaman

Buat Jadwal Sebelum Tidur

sebelum tidur

Tubuh bakal bisa tidur lebih baik pada jam tertentu setiap malam. Kamu bisa membuat jadwal mengenai hal yang akan kamu lakukan pada esok hari sebelum tidur, cara ini bisa membantu mengatasi masalah pikiranmu.

9 dari 11 halaman

Menurunkan Stres

Menurunkan stres pada siang hari bisa membantu kamu mengalami kondisi tidur yang lebih baik di malam hari. Pada siang harinya, kamu bisa melakukan berbagai hal untuk menurunkan stres.

10 dari 11 halaman

Buat Kondisi Tidur yang Nyaman

tidur yang nyaman

Kondisi kamar bisa sangat berpengaruh terhadap kebiasaan tidurmu. Ketika kamar dalam kondisi nyaman, dingin, tenang, dan gelap, kamu bisa tidur dengan lebih efektif.

11 dari 11 halaman

Hindari Berdiam Terlalu Lama di Kasur

Baik di siang atau malam hari, hindari beraktivitas dan terlalu lama di atas kasur jika tidak tidur. Hindari berada di atas kasur lebih dari 20 menit. Jika kesulitan tidur, lakukan aktivitas yang tenang seperti membaca buku, menulis, atau melipat pakaian.

Sejumlah cara ini bisa menjadi jalan agar kamu lebih cepat tertidur di malam hari. Mengingat pentingnya tidur di malam hari ini terhadap kesehatan, sebaiknya jaga kualitas dan durasi tidurmu. (mdk/RWP)

Baca juga:
5 Alasan Banyak Tidur Bisa Buat Kamu Jadi Kurus
Sulit Tidur? 5 Cara Ini Bisa Buatmu Terlelap Lebih Cepat
Cukup Tidur Bisa Bantu Remaja Atasi Stres Akibat Masalah Sosial
Orangtua Miliki Peran Besar dalam Atasi Kesulitan Tidur Anak Remaja
Kurang Tidur Bisa Mendorong Seseorang untuk Mengonsumsi Lebih Banyak Makanan Manis

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami