3 Bahaya Kesehatan yang Dapat Muncul Ketika Kamu Olahraga Berlebihan

3 Bahaya Kesehatan yang Dapat Muncul Ketika Kamu Olahraga Berlebihan
Ilustrasi Kelelahan Berolahraga. ©runtastic.com
SEHAT | 31 Juli 2022 06:00 Reporter : Rizky Wahyu Permana

Merdeka.com - Berolahraga merupakan cara yang paling baik untuk menjaga kesehatan tubuh. Namun perlu kamu perhatikan takaran tepat olahraga untuk dilakukan karena olahraga berlebih justru dapat membahayakan tubuh.

Kerap kali banyak orang yang berusaha menurunkan berat badan atau membentuk tubuh melakukan olahraga secara berlebihan. Dilansir dari the Health Site, sebuah penelitian yang dipublikasikan di ANI menyebut bahwa berolahraga di atas batas dapat berakibat buruk pada tubuh.

Diketahui bahwa kelelahan ketika berolahraga dapat mempengaruhi penggunaan tangan serta kemampuan seseorang untuk belajar. Sebagian pembelajaran membutuhkan repetisi dari kemampuan motorik, namun hal ini dapat menurun ketika seseorang kelelahan.

"Kelelahan dapat menurunkan kemampuan kita untuk melakukan suatu tugas," tulis penelitian tersebut.

Selain hal tersebut, kelelahan juga diketahui dapat menimbulkan sejumlah masalah kesehatan, seperti:

2 dari 4 halaman

1. Serangan Jantung

Hasil penelitian ini menemukan bahwa ketika seseorang sangat kelelahan, maka risiko serangan jantung juga meningkat. Risiko ini bahkan bisa meningkat tiga kali lipat ketika seseorang yang sedang marah atau emosi mengalami kelelahan yang luar biasa karena olahraga.

Diungkap bahwa kondisi emosi dan fisik uang ekstrem dapat memicu peningkatan tekanan darah serta detak jantung. Selain itu hal ini juga dapat mengubah aliran darah di pembuluh serta mengurangi pasokan darah ke jantung.

3 dari 4 halaman
3 bahaya kesehatan yang dapat muncul ketika kamu olahraga berlebihan

2. Ketahanan Tubuh Rendah

Menurut pakar kesehatan, Erin McCann, ketika tubuh seseorang terpapar tekanan fisik seperti olahraga, tubuh mengeluarkan hormon kortisol. Hal ini merangsang produksi energi dan meningkatkan ketahanan otot yang mendukung aksi reaksi.

Kortisol juga bertindak sebagai immunosuppresant sehingga bahkan olahraga dengan tingkat menengah dapat membuat sistem kekebalan tubuh membutuhkan waktu hingga 72 jam untuk pulih sepenuhnya. Pada rentang waktu ini, seseorang dapat rentan mengalami infeksi virus atau bakteri.

4 dari 4 halaman

3. Cedera pada Lutut

Sebuah penelitian oleh University of California – San Francisco (UCSF) menyebut bahwa aktivitas fisik yang tinggi dapat mempercepat munculnya cedera lutut. Hal ini disebut lebih rentan terjadi pada orang-orang usia paruh baya.

Sejumlah hal tersebut merupakan bahaya kesehatan yang dapat muncul ketika kamu berolahraga terlalu keras. Pastikan kamu mengenal batas dirimu agar tidak memaksa tubuhmu berolahraga terlalu keras. (mdk/RWP)

Baca juga:
Cara Mencegah Terjadinya Pikun sebelum Usia Tua secara Menyenangkan
Ingin Mulai Berlari, Ini Hal yang Bisa Mulai Dilakukan Pemula
6 Hal yang Bisa Dilakukan di Pagi Hari demi Tidur Malam yang Nyenyak
Cara Memperbaiki Postur Tubuh agar Tetap Tegap, Lakukan Hal Ini
5 Cara Menjaga Kesehatan Mata Seiring Bertambahnya Usia
Ketahui Apa Manfaat Olahraga Bagi Tubuh Kita Secara Fisik dan Mental

Baca berita pilihan dari Merdeka.com

Mari bergabung di Grup Telegram

Merdekacom News Update

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Opini