3 Cara Mencegah Rasa Terbakar di Pantat Usai Konsumsi Makanan Pedas

3 Cara Mencegah Rasa Terbakar di Pantat Usai Konsumsi Makanan Pedas
ilustrasi buang hajat. ©nymag.com
SEHAT | 9 November 2021 06:00 Reporter : Rizky Wahyu Permana

Merdeka.com - Munculnya rasa panas dan sakit pada saat buang air besar biasa dialami usai menyantap makanan pedas. Kondisi ini kadang membuat seseorang menjadi enggan untuk mengonsumsi makanan pedas.

Dilansir dari Men's Health, hal ini terjadi karena ketika kamu mengonsumsi makanan pedas, kandungan di dalamnya yang jadi penyebab rasa panas kerap tidak berubah. Luigi Basso, M.D., spesialis koloproktologi dan operasi laparoskopi dari Universitas Sapienza di Roma menyatakan bahwa bahwa tetapnya kandungan ini disebabkan karena kandungan dari makanan pedas tersebut yang bukan merupakan nutrisi sehingga akhirnya tidak diserap oleh tubuh.

"Karena bagian ujung dari pantat yaitu rektum dan anus terdiri dari sel yang sama dengan mulut, makanan pedas bisa menyebabkan rasa terbakar ketika keluar," terang dr. Basso.

Padahal, makanan pedas sebenarnya juga memiliki manfaat kesehatan bagi seseorang. Salah satunya adalah mempercepat metabolisme tubuh milik seseorang.

Nah, agar kamu bisa menyantap makanan pedas tanpa takut munculnya rasa pedas, terdapat sejumlah hal yang bisa kamu lakukan. Dilansir dari Men's Health, berikut sejumlah cara untuk cegah rasa panas ketika buang air besar usai menyantap makanan pedas.

2 dari 4 halaman

Imbangi dengan Konsumsi Serat

Makanan dengan rasa pedas biasanya juga cenderung berlemak sehingga menimbulkan dampak ini. Menurut Brooks D. Cash, M.D. dari University of South Alabama, makanan berlemak juga memiliki kandungan yang menyebabkan iritasi kulit di area sekitar anus.

Jika tetap ingin mengonsumsi makanan pedas, sebaiknya hindari makanan berlemak dan berminyak. Selain itu, lengkapi dengan konsumsi cukup serat baik sayur maupun buah.

Konsumsi serat yang cukup bisa membuat pencernaan menjadi lancar dan kamu tak mengalami masalah ini saat buang air besar. Makanan tinggi serat juga bisa mencegah sejumlah masalah lain seperti sembelit, fisura anal, dan wasir yang menjadi penyebab rasa sakit saat buang air besar.

3 dari 4 halaman

Lebih Banyak Konsumsi Makanan Pedas

konsumsi makanan pedas

Walau terkesan aneh, namun mengonsumsi semakin banyak makanan pedas bisa membantu mengurangi rasa pedas dan menyakitkan saat buang air besar. Pada awalnya, jika kamu membiasakan makan pedas setiap hari, mungkin rasa panas dan sakit ini akan tetap muncul.

"Namun mengonsumsinya (makanan pedas) secara terus menerus selama tiga minggu bisa memicu desensitisasi yang selanjutnya mengurangi sensasi (panas dan sakit) di rektum," terang Sutep Gonlachanvit, M.D., kepala bagian gasentrologi di Chulalongkorn University, Bangkok

Hal ini disebut bisa membuat pantat seseorang menjadi kebal dengan rasa pedas tersebut karena sudah terbiasa. Bagi penggemar makanan pedas, cara ini mungkin bisa dilakukan.

4 dari 4 halaman

Bersihkan Pantat dengan Tepat

Membersihkan pantat dengan tepat bisa menjadi solusi jangka pendek dan seketika. Mendinginkan pantat yang kepanasan bisa dilakukan dengan salep khusus atau juga membilasnya dengan air.

Pastikan saja jangan mengusap bagian yang sakit ini dengan tisu terutama yang memiliki permukaan kasar. Penggunaan krim anti wasir juga sebaiknya dihindari karena bisa memperburuk iritasi.

Sejumlah cara tersebut bisa kamu coba untuk menghindari masalah tersebut. Namun jika kamu mengalaminya setiap buang air besar, maka sebaiknya segera konsultasi dengan dokter terkait masalah tersebut. (mdk/RWP)

Baca juga:
Konsumsi Susu Pasteurisasi Jadi Cara Penuhi Kebutuhan Nutrisi Sehari-Hari
Kendati Lezat, Keseringan Makan Nasi Padang Bisa Picu Stroke
Rasa Umami pada Makanan Bantu Tingkatkan Nafsu Makan Lansia
Ini Penyebab Buang Air Terasa Panas dan Menyakitkan Usai Konsumsi Makanan Pedas
Pilih Vitamin C Bebas Soda untuk Hindari Masalah Asam Lambung
Hal yang Perlu Diperhatikan Penderita Masalah Asam Lambung dalam Memilih Vitamin C

Baca berita pilihan dari Merdeka.com

Mari bergabung di Grup Telegram

Merdekacom News Update

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami