3 Hal yang Pantang untuk Langsung Dilakukan Setelah Makan

SEHAT | 21 Januari 2020 00:40 Reporter : Rizky Wahyu Permana

Merdeka.com - Setelah makan, tubuh memerlukan sejumlah waktu terlebih dahulu untuk beristirahat. Hal ini bisa sangat bermanfaat dan membantu untuk mencerna makanan tersebut.

Aktivitas yang disarankan untuk dilakukan setelah makan berupa berjalan untuk membantu pencernaan agar lebih lancar. Selain itu, minum air putih juga merupakan hal yang disarankan untuk dilakukan setelah makan.

Sejumlah kegiatan berat sebaiknya dihindari untuk langsung dilakukan usai makan. Selain itu terdapat sejumlah hal yang juga sebaiknya tidak langsung dilakukan.

Hal yang pantang dilakukan ini termasuk salah satu kebiasaan banyak orang yaitu menggosok gigi. Dilansir dari Livestrong, berikut sejumlah hal yang sebaiknya dihindari untuk dilakukan langsung usai kamu makan.

1 dari 3 halaman

Menyikat Gigi

Menggosok gigi setelah makan mungkin telah jadi sebuah kebiasaan bagi banyak orang. Namun pada beberapa jenis makanan tertentu terutama dengan kandungan asam yang tinggi seperti jeruk, sebaiknya hindari untuk langsung menyikat gigi.

Sebaiknya tunggu hingga 30 menit terlebih dahulu sebelum menyikat gigi agar email tidak rusak. Ketika mengonsumsi makanan dan minuman ini, kamu disarankan menyikat gigi terlebih dahulu sebelumnya dan kemudian meminum air setelahnya untuk menghilangkan asam yang menempel.

2 dari 3 halaman

Tidur

Sudah banyak diketahui dan dipercayai bahwa tidur langsung setelah makan merupakan hal yang sebaiknya tidak dilakukan. Menurut Mayo Clinic, kamu disarankan untuk menunggu setidaknya tiga ja, setelah makan atau ngemil sebelum tidur.

Pencernaanmu bakal bekerja lebih baik ketika kamu dalam posisi berdiri dan bukan rebahan. Ketika kamu dalam posisi rebahan atau horizontal, tidak bakal ada gravitasi yang membantu dalam mencerna makanan dan malah bisa menimbulkan rasa mual.

3 dari 3 halaman

Olahraga

Berolahraga terutama yang berat setelah makan merupakan hal yang tidak disarankan. Tubuh membutuhkan proses dalam mencerna makanan sehingga kamu bakal mudah lelah saat berolahraga setelah istirahat.

Ketika tubuh tengah mencerna makanan, kamu tidak bakal mampu berolahraga dalam cara yang efektif secara bersamaan. Hal ini bisa menimbulkan sakit perut serta kram otot terutama setelah makan berat. Setidaknya tunggu beberapa waktu sebelum kamu berolahraga, tergantung seberapa berat dan banyak makananmu.

Untuk membantu pencernaan setelah makan, sebaiknya lakukan jalan-jalan kecil serta konsumsi air. Setelah beberapa jam usai makan, baru kemudian lakukan olahraga. (mdk/RWP)

Baca juga:
7 Hal yang Tanpa Disadari Membuat Kamu Menjadi Sulit Tidur
Menonton Film di Bioskop Bisa Miliki Manfaat Setara Olahraga Ringan
Waspadai Sejumlah Makanan yang Bisa Jadi Penyebab Munculnya Kanker
Tak Selamanya Buruk, Konsumsi Jeroan juga Bisa Beri Manfaat Kesehatan
5 Masalah Kesehatan yang Tanpa Disadari Bisa Berdampak pada Kehidupan Ranjang Wanita
Ini Posisi Tidur yang Tepat Dilakukan ketika Kamu Tengah Sakit

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.