3 Kriteria agar Air Susu Ibu Mampu Menjadi KB Alami

SEHAT | 7 Agustus 2019 08:00 Reporter : Rizky Wahyu Permana

Merdeka.com - Pemberian air susu ibu (ASI) merupakan sebuah hal yang sangat diperlukan oleh buah hati. Namun siapa sangka bahwa pemberian ASI ini juga dapat memunculkan manfaat lain yang tak disangka.

Tak hanya itu, pemberian ASI juga memiliki manfaat lain, yaitu kontrasepsi alami. Bagi pasangan yang membuat perencanaan kehamilan, memberikan ASI secara eksklusif bisa dilakukan untuk menunda kehamilan.

Bukan hanya aman bagi ibu, tentunya lebih praktis dan bebas biaya. Namun, ada syarat-syarat yang harus dipenuhi jika ingin menjadikan pemberian ASI dijadikan kontrasepsi alami.

"Menyusui memang dapat menjadi KB alami apabila memenuhi tiga kriteria," kata dr. Ameetha, seorang konselor laktasi, dalam acara bincang-bincang bersama Lactaboost .

Berikut tiga kriteria yang bisa menjadikan ASI sebagai KB alami.

1 dari 3 halaman

Menyusui Secara Eksklusif

Artinya ibu hanya memberikan ASI saja pada bayinya selama 6 bulan. Tidak memberikan susu formula atau makanan tambahan lainnya. Dengan memberikan ASI eksklusif, tubuh ibu akan terus memproduksi ASI yang menghambat kesuburan.

2 dari 3 halaman

Bayi Berumur Kurang dari 6 Bulan

ASI dijadikan kontrasepsi alami, cukup efektif saat bayi masih berusia di bawah enam bulan. Memasuki usia 6 bulan ke atas, bayi akan diberikan makanan tambahan dan akan berdampak pada produksi ASI dan hormon ibu. Efektivitasnya akan menurun sebagai kontrasepsi alami.

3 dari 3 halaman

Ibu Belum Menstruasi

Pastikan juga setelah melahirkan ibu belum kembali menstruasi. Jika sudah menstruasi pertanda kalau ibu sudah masuk masa subur dan bisa hamil kapan saja meskipun menyusui.

"Jika ingin menunda dengan efektif, lebih baik gunakan kontrasepsi lain setelah melahirkan atau bisa juga segera setelah berakhirnya masa nifas," ujar dr. Ameetha.

Sumber: Dream.co.id (mdk/RWP)

Baca juga:
Sebelum Melahirkan, Ibu Hamil Sebaiknya Lakukan Konsultasi untuk Laktasi
Rasa Percaya Diri Jadi Modal Berharga bagi Ibu Menyusui untuk Memberikan ASI
5 Tips Sederhana yang Bisa Membantu Ibu dalam Memberi ASI pada Sang Buah Hati
Bagi Ibu Menyusui yang Ingin Tetap berpuasa, Ini Hal yang Harus Diperhatikan
Ini Durasi yang Tepat dalam Memberikan ASI pada Buah Hati
Ini Syarat Penting Sebelum memberikan Susu Tambahan bagi Bayi

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.