3 Kunci sehat untuk redakan nyeri sendi

SEHAT | 4 November 2015 18:16 Reporter : Anwar Khumaini

Merdeka.com - Osteoarthritis (OA) atau lebih dikenal dengan nyeri sendi, adalah sebuah penyakit dimana

penderita merasakan nyeri dan disabilitas hingga dapat mengganggu aktivitas sehari-hari. Penyebabnya adalah penipisan sekat sendi, yaitu jaringan elastis/tulang rawan pelapis ujung tulang persendian. Meskipun osteoarthritis dapat menyerang semua sendi yang ada pada manusia, namun bagian lutut manusia adalah yang paling rentan terkena OA.

Menurut dr. Adrian. W. Tarigan, Sp.OT, spesialis ortopedi dan traumatology dari Rumah Sakit Jakarta, jika seseorang sudah menderita osteoarthritis maka akan mengalami suatu keadaan yaitu “never ending story”. Karena menurutnya, osteoarthritis belum dapat disembuhkan sehingga pengobatan dapat dilakukan hanya untuk memperlambat kerusakan dan mengurangi rasa nyeri, dengan tujuan agar penderita dapat tetap aktif.

Bagi mereka yang sudah menderita OA, menurut dr. Adrian manajemen penanganan yang dapat diambil dibagi menjadi tiga bagian yaitu:

1. Tanpa obat, dengan beristirahat secukupnya ketika merasa nyeri, kompres bagian yang terasa nyeri baik dengan air dingin maupun air hangat, dan juga rehabilitasi medik salah satunya dengan melatih fisik.

2. Dengan obat

3. Operasi

Beberapa latihan fisik yang dapat dilakukan adalah dengan berenang, berjalan dengan kecepatan biasa, dan bersepeda. Namun penelitian terbaru dari Universitas British Columbia di Kanada, menemukan bahwa taichi dapat membantu penderita OA. Tai Chi adalah olah raga tradisional Cina dengan gerakan lambat, pernafasan yang dalam, dan pemusatan pikiran dengan unsur meditasi.

“Gerakan yang lembut, gemulai, tenang, lambat dan beraturan dari Tai Chi akan memberikan dampak emosi yang tenang kepada para pelakunya. Selain itu gerakan yang tidak menghentak hentak juga kami yakini dapat menjadikan Tai Chi menjadi pilihan olahraga yang baik bagi para orang tua. Ditambah lagi saat ini Tai Chi menjadi salah satu olahraga yang direkomendasikan bagi lansia oleh Arthtritis Foundation dalam websitenya,” ujar Martin Rizal Soeparpto, founder perguruan Tai Chi Energi Alam Semesta.

Gerakan Tai Chi berpusat di pinggang, dan dialirkan ke seluruh tubuh. Semua gerakan berporos pada pinggang, karena itu senam Tai Chi dapat membuat otot-otot perut kuat dan pinggang menjadi lentur. “Lokasi berlatih Tai Chi tidak perlu luas ruang ukuran 3 X 4 m pun bisa sekali latihan cukup 7- 8 menit bahkan latihan 30 menit sama manfaatnya dengan main golf tiga jam," tambah Martin.

(mdk/feb)