3 Makanan yang Perlu Dihindari ketika Kamu Memiliki Sakit Punggung

3 Makanan yang Perlu Dihindari ketika Kamu Memiliki Sakit Punggung
ilustrasi sakit punggung. © www.medicalnewstoday.com
SEHAT | 19 Mei 2022 19:00 Reporter : Rizky Wahyu Permana

Merdeka.com - Sakit punggung merupakan salah satu masalah kesehatan yang bakal sangat mengganggu aktivitasmu sehari-hari. Hal ini bisa membuatmu kesulitan untuk melakukan berbagai macam hal bahkan hingga tidur.

Sakit punggung sendiri merupakan jenis sakit kronis yang paling umum dialami banyak orang. Hal ini bisa dipicu oleh berbagai macam hal mulai adanya penyakit lain atau juga karena gaya hidup.

Untuk membuat sirna masalah kesehatan ini, kamu bisa menerapkan gaya hidup sehat. Selain itu pola makan yang sehat dan penuh nutrisi juga bisa membantu mengatasi rasa sakit yang dialami seseorang.

Rasa sakit di punggung ini muncul lantaran peradangan yang mungkin dialami seseorang. Kondisi pencernaan yang sehat bisa menyokong sistem otot tubuh yang sehat dan kamu terhindar dari masalah seperti sakit punggung.

Sejumlah makanan bisa menjadi biang keladi terjadinya peradangan dan berhubungan langsung dengan sakit punggung yang kamu alami. Dilansir dari Health24, berikut sejumlah bahan makanan yang bisa menyebabkan peradangan.

2 dari 4 halaman

Makanan Berpengawet

rev2

Untuk mempertahankan agar makanan bisa dikonsumsi dalam waktu lama, zat pengawet bisa ditambahkan. Hal ini bisa memicu respons kekebalan tubuh sehingga persendian di punggung bisa mengalami masalah.

Hati-hati dengan makanan yang mengandung karboksil, paraben, selulosa, asam benzoak dan potassium. Semua bahan makanan yang disebutkan tersebut bisa menimbulkan efek peradangan pada tubuh.

Makanan dengan pengawet bisa menimbulkan sejumlah dampak buruk bagi tubuh. Oleh karena itu, sebisa mungkin hindari makanan jenis ini.

3 dari 4 halaman

Gula

3 makanan yang perlu dihindari ketika kamu memiliki sakit punggung

Gula merupakan salah satu biang keladi utama dari peradangan dan paling sulit untuk dihindari. Gula yang bisa menyebabkan masalah ini adalah gula buatan yang tidak berasal dari buah.

Konsumsi gula pada makanan bisa menyebabkan terjadinya peradangan baik secara langsung ataupun tak langsung. Ketika kamu mengonsumsi makanan kaya gula setiap hari, tingkat gula dan insulin di tubuhmu sangat tinggi.

Tingginya gula ini bisa menyebabkan persendianmu mengalami peradangan secara konstan. Menurunkan asupan gula mungkin bakal sulit untuk pertama kali diterapkan, namun dalam jangka panjang bisa menimbulkan sejumlah manfaat.

4 dari 4 halaman

Daging Merah

rev2

Daging merah serta berbagai olahan lainnya bisa memiliki hubungan dengan peradangan dan sebaiknya dihindari terutama ketika kamu mengalami sakit punggung. Daging merah mengandung gula bernama Neu5GC yang membuat terjadinya peradangan.

Penting untuk menurunkan konsumsi makanan ini agar tidak mengalami peradangan dan sakit punggung. Sebaiknya ubah jenis makanan ini dan ganti dengan buah atau sayur yang lebih sehat.

Perhatikan jenis makanan yang kamu konsumsi setiap hari untuk mencegah munculnya sejumlah masalah kesehatan. Hal ini penting kamu perhatikan terutama ketika memiliki risiko sakit punggung. (mdk/RWP)

Baca juga:
Pastikan Kebutuhan Kalsium Tubuh Terpenuhi Sebelum Minum Kopi
Santan dan Kafein Penting untuk Dihindari Usai Lebaran
Pentingnya untuk Mempertahanka Asupan Gizi Seimbang setelah Lebaran
4 Makanan yang Aman Dimakan Saat Perut Kosong
Cara Tetap Sehat dan Aman Konsumsi Makanan Khas Lebaran

Baca berita pilihan dari Merdeka.com

Mari bergabung di Grup Telegram

Merdekacom News Update

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami