Alami Masalah Kebugaran, Ini 3 Tanda yang Bakal Ditunjukkan oleh Tubuhmu

Alami Masalah Kebugaran, Ini 3 Tanda yang Bakal Ditunjukkan oleh Tubuhmu
Ilustrasi Lelah Letih Lesu. ©2015 Merdeka.com/Angeline Agustine
SEHAT | 27 Juli 2022 13:00 Reporter : Rizky Wahyu Permana

Merdeka.com - Jam kerja yang terlalu panjang serta kegiatan yang terlalu banyak bisa memakan banyak waktu dalam kegiatan sehari-hari. Hal ini selanjutnya bisa membuatmu merasa lelah dan tidak berenergi untuk aktivitas sehari-hari.

Rasa lelah ini juga kadang tak kunjung hilang walau kamu baru saja beristirahat. Bahkan ketika baru bangun tidur, rasa lelah ini membuatmu tidak bangun dengan segar dan bertenaga.

Seringkali rasa lelah ini juga merupakan pertanda adanya masalah kesehatan pada tubuh. Baik karena kekurangan nutrisi atau sejumlah hal lain, tubuh bisa menunjukkan sejumlah pertanda saat kondisinya tidak bugar.

Terdapat sejumlah pertanda yang bisa muncul pada tubuhmu ketika mengalami masalah kebugaran. Dilansir dari Times of India, berikut sejumlah hal yang tanpa kamu sadari bisa jadi pertanda ketika tubuh mengalami masalah kebugaran.

2 dari 4 halaman

Kaki Sering Kram

kram rev3

Seringnya muncul rasa kram di kaki bisa jadi pertanda masalah kesehatan yang mungkin kamu alami. Hal ini menyebabkan rasa sakit yang mengganggu dan bisa jadi tanda adalah sesuatu masalah kebugaran di tubuhmu.

Munculnya rasa kram secara sering ini bisa jadi adanya pertanda kamu kekurangan magnesium dan potassium. Untuk mengatasinya, konsumsi lebih banyak bayam, kacang merah, serta sayuran hijau lain.

Kondisi kaki yang mudah kram ini juga bisa membuatmu kesulitan untuk lebih aktif dalam berolahraga. Oleh karena itu, sebaiknya hindari dan atasi permasalahan ini sedini mungkin. 

3 dari 4 halaman

Kamu Terus-Menerus Lelah

menerus lelah rev3

Kelelahan yang terjadi terutama secara terus-menerus bisa jadi pertanda adanya masalah kesehatan yang kamu miliki. Hal ini bisa membuat istirahatmu tak nyaman serta kamu merasa tak bugar sepanjang waktu.

Untuk mengatasi hal ini, sebaiknya ubah pola makan yang kamu lakukan sebelumnya. Dibanding mengonsumsi karbohidrat olahan, sebaiknya konsumsi makanan yang lebih menyehatkan seperti beras, kacang-kacangan, serta sayuran hijau.

Makanan olahan bisa meningkatkan gula darah selama beberapa waktu dan kemudian langsung turun. Hal ini bisa membuatmu kelelahan serta mudah mengantuk.

4 dari 4 halaman

Munculnya Jerawat

rev3

Ketika jerawat muncul secara tiba-tiba di kulitmu, maka bisa jadi hal itu merupakan pertanda adanya masalah dalam tubuh. Hal ini terutama terjadi jika memang kamu biasanya bebas dari jerawat.

Munculnya jerawat di wajah ini bisa jadi disebabkan karena stres yang sedang kamu alami. Munculnya jerawat secara tiba-tiba biasanya disebabkan karena masalah dan tekanan yang sedang kamu alami.

Sejumlah hal tersebut bisa menjadi pertanda adanya masalah di dalam tubuhmu. Jika muncul sejumlah tanda-tanda tersebut, sebaiknya segera cari penyebabnya lalu atasi masalah tersebut. (mdk/RWP)

Baca juga:
Tak Berdampak Sama, Pastikan untuk Diet Sesuai dengan Kondisi Kesehatan
Pentingnya Kualitas Tidur yang Baik Sebelum Melakukan Olahraga Pagi
Ingin Mulai Berlari, Ini Hal yang Bisa Mulai Dilakukan Pemula
Jalan Kaki Jadi Kunci Jaga Kesehatan Tulang Wanita Terutama di Atas Usia 45 Tahun
6 Hal yang Bisa Dilakukan di Pagi Hari demi Tidur Malam yang Nyenyak
Kadang Tak Disadari, 6 Hal Ini Menandakan Bahwa Kamu Harus Makan

Baca berita pilihan dari Merdeka.com

Mari bergabung di Grup Telegram

Merdekacom News Update

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Opini