4 Buah dan Sayur yang Baik untuk Dikonsumsi Penderita Diabetes

4 Buah dan Sayur yang Baik untuk Dikonsumsi Penderita Diabetes
ilustrasi sayuran. ©2015 Merdeka.com/shutterstock/Ana Blazic Pavlovic
SEHAT | 16 Agustus 2022 06:00 Reporter : Rizky Wahyu Permana

Merdeka.com - Bagi penderita diabetes, makanan dan minuman yang mereka konsumsi bisa sangat menentukan kondisi kesehatan. Mereka harus memilih jenis makanan yang tepat agar tidak mengalami peningkatan gula darah.

Kandungan kalori yang tidak diperhatikan di dalam makanan bisa jadi penyebab gula darahmu meningkat. Hal ini juga dapat meningkatkan risiko sejumlah penyakit lain seperti serangan jantung maupun stroke.

Diabetes merupakan kondisi kesehatan yang muncul ketika pankreas berhenti memproduksi insulin atau tubuh tak mampu menggunakan insulin yang diproduksi. Insulin sangat penting dalam menyimpan dan mengubah gula menjadi energi.

Penumpukkan gula yang tidak diubah menjadi energi di dalam tubuh ini bisa mengakibatkan masalah pada saraf. Hal ini juga bakal menimpa sejumlah organ tubuh lain seperti ginjal dan mata.

Beberapa faktor seperti tekanan darah tinggi, usia tua, obesitas, genetik, dan sejarah keluarga bisa meningkatkan risikomu mengalami diabetes. Gaya hidup yang tepat bisa menjadi cara untuk menghilangkan segala efek yang berkontribusi terhadap diabetes tersebut.

Pilihan makanan yang tepat terutama berupa buah dan sayur bisa menurunkan risiko diabetes. Dilansir dari The Health Site, berikut sejumlah buah dan sayur yang baik untuk dikonsumsi penderita diabetes.

2 dari 3 halaman
4 buah dan sayur yang baik untuk dikonsumsi penderita diabetes

Sayuran Hijau

Sayuran hijau seperti bayam, brokoli, kale, dan lain sebagainya merupakan sayuran yang cocok untuk dikonsumsi penderita diabetes. Jenis sayuran ini sangat menyehatkan dan rendah karbohidrat. Mengonsumsi sayur ini tidak bakal membuat gula darah yang kamu miliki meningkat.

Kacang Polong

Selain sayuran hijau, kacang polong juga merupakan sayur yang bisa dikonsumsi dan baik bagi penderita diabetes. Jenis sayur ini bisa membantu mengontrol tingkat gula darah dan mempertahankan kesehatan kardiovaskular.

3 dari 3 halaman
4 buah dan sayur yang baik untuk dikonsumsi penderita diabetes

Air Lemon

Campuran buah yaitu lemon dan air bisa membantu menjaga kadar gula darah. Air lemon bisa membantu menjaga asupan air di dalam tubuh. Kandungan serat larut di dalamnya juga bantu menjaga tingkat kolesterol dan menstabilkan tekanan darah.

Berri-Berrian

Buah berjenis berri cenderung memiliki rasa manis dengan indeks glikemik yang rendah. Selain itu, buah ini juga bisa membantu mengontrol porsi makan yang kamu miliki.

Sejumlah buah dan sayur tersebut bisa jadi pilihan yang sehat bagi penderita diabetes. Konsumsi makanan tersebut untuk menjaga kesehatan dengan cara yang tepat.

(mdk/RWP)

Baca juga:
7 Cara Aman dan Sehat untuk Menambah Berat Badan secara Cepat
Dalam Sehari, Disarankan Konsumsi Buah Minimal Tiga Porsi Sehari
5 Cemilan yang Ternyata Harus Dihindari saat Diet
5 Kebiasaan Makan yang Ternyata Bisa Memunculkan Terjadinya Konstipasi
Tak Sengaja Telan Permen Karet, Apakah Berbahaya?
Tak Selalu Berdampak Buruk, Garam Juga Miliki Sejumlah Fungsi bagi Tubuh


Baca berita pilihan dari Merdeka.com

Mari bergabung di Grup Telegram

Merdekacom News Update

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Opini