4 Bukti Bahwa Toilet Jongkok Lebih Sehat dari toilet Duduk

SEHAT | 15 Desember 2019 00:30 Reporter : Rizky Wahyu Permana

Merdeka.com - Toilet jongkok merupakan jenis toilet tradisional yang banyak digunakan di Indonesia. Walau begitu, pada saat ini, penggunaan toilet duduk juga mulai marak digunakan.

Pada beberapa hal, pemilihan jenis toilet yang digunakan ini bisa tergantung dari maksud pemilik rumah. Walau begitu, tahukah kamu bahwa sesungguhnya toilet jongkok memiliki manfaat kesehatan yang tak bisa diperoleh dari toilet duduk?

Walau lebih nyaman dan tidak melelahkan, toilet duduk sesungguhnya tidak bisa memberi manfaat kesehatan sebanyak toilet jongkok. Hal ini disebabkan karena posisi ketika menggunakannya.

Terdapat sejumlah manfaat kesehatan yang bisa kamu peroleh dari penggunaan toilet jongkok ini. Dilansir dari Times of india, berikut sejumlah dampak positif kesehatan yang bisa kamu peroleh dari penggunaan toilet jongkok.

1 dari 4 halaman

Meningkatkan Kebugaran

Berjongkok ketika menggunakan toilet bisa membuatmu menjadi berolahraga setiap hari dan berdampak baik bagi kesehatan. Toilet jongkok bisa membuatmu berolahraga sambil buang air sehingga tubuhmu menjadi lebih bugar terutama pada bagian kaki.

2 dari 4 halaman

Meningkatkan Pencernaan

Jongkok bisa memberikan tekanan pada makanan di perut sehingga pencernaan menjadi lebih lancar. Menggunakan toilet duduk tidak memberi cukup tekanan pada perut dan sering tidak membuatmu benar-benar puas ketika buang air besar.

3 dari 4 halaman

Baik bagi Ibu Hamil

Bagi ibu hamil, penggunaan toilet jongkok disebut bisa berdampak positif bagi mereka. Penggunaan toilet jenis ini disebut bisa membuat proses melahirkan menjadi lebih lancar dan berjalan secara alami.

4 dari 4 halaman

Mencegah Kanker Usus dan penyakit Lainnya

Jongkok bisa membantu membuang tinja dengan lancar dari usus di dalam tubuh. Hal ini bisa mencegah peluang konstipasi, usus buntu, serta sejumlah faktor lain yang bisa menyebabkan kanker usus.

Sejumlah manfaat tersebut bisa kamu peroleh dari penggunaan toilet jongkok. Namun jika penggunaan toilet jongkok ini malah membuatmu tak nyaman, sebaiknya jangan paksakan diri. (mdk/RWP)

Baca juga:
Punya teman Dekat Bisa Membuat Seseorang Lebih panjang Umur
Tuberkolosis Jadi Tantangan di Indonesia pada Saat Bonus Demografi
7 Dampak Sehat yang Bisa Diperoleh dari Berolahraga ketika Hamil
10 Langkah Pertama yang Bisa Kamu Lakukan Ketika Terpapar Air Keras
Benarkah Nata De Coco Berbahan Seperti Plastik dan Bahaya Bagi Tubuh?
5 Buah yang Bisa Bantu Atasi Sugar Craving Kamu

TOPIK TERKAIT

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.