4 Cara Alami dan Sederhana untuk Meredakan Ambeien atau Wasir yang Dialami

SEHAT | 25 Mei 2019 00:20 Reporter : Rizky Wahyu Permana

Merdeka.com - Ambeien atau wasir merupakan salah satu yang banyak menjangkit orang dewasa pada saat ini. Penyakit ini memunculkan ketidaknyamanan dalam kegiatan sehari-hari dan bahkan bisa berujung serius jika semakin parah.

Dilansir dari U.S. National Library of Medicine, Ambeien pada dasarnya merupakan benjolan yang terbentuk di anus atau pada ujung rektum. Peradangan dari wasir ini biasanya disertai rasa gatal, munculnya nanah atau pendarahan yang bisa mengganggu buang air besar.

Terdapat sejumlah hal yang bisa menyebabkan munculnya ambeien atau wasir pada seseorang ini. Penyebab umum dari kondisi ini termasuk obesitas, kebiasaan mengangkat obyek berat, penuaan, faktor keturunan, kehamilan dan melahirkan, diare, buang air terlalu lama atau masalah pencernaan lainnya.

Menurut WebMD, orang yang menderita kondisi ini memiliki risiko lebih besar mengalami hipertensi. Hal ini terjadi ketika terdapat tekanan darah tinggi pada pembuluh darah vena yang berhubungan dengan pankreas, limpa, dan usus.

Masalah ambeien ini bisa dihilangkan dengan melakukan operasi. Namun sesungguhnya terdapat cara alami untuk mengobati ambeien ini. Dilansir dari The Health Sites, berikut sejumlah pengobatan alami yang bisa dilakukan untuk mengobati ambeien.

1 dari 4 halaman

1. Konsumsi Makanan Kaya Serat

Untuk mencegah akumulasi tinja yang berat dan konstipasi, seseorang perlu mengatur menu makannya. Pola makan yang sehat dan kaya dengan serat juga bisa mencegah terjadinya ambeien.

Jumlah asupan serat yang disarankan setiap harinya berkisar antara 30 hingga 35 gram. Jenis makanan sehat yang bisa dipilih adalah avokad, berry-berryan, figs, labu, serta biji-bijian. Berdasar sebuah penelitian yang diterbitkan pada U.S. National Library of Medicine, pola makan ini bisa menurunkan risiko gejala ambeien hingga 50 persen.

2 dari 4 halaman

2. Minum Cukup Air

Mengonsumsi cukup air ternyata tak hanya baik bagi kesehatan tubuh namun bisa menghindari masalah ini. Jumlah air yang cukup pada tubuh sudah lama diketahui berhubungan dengan pencernaan seseorang.

Berdasar sebuah penelitian, konsumsi air yang cukup diketahui bisa mencegah konstipasi. Hal ini bisa membuat kebutuhan serat yang ada dalam tubuh berjalan dengan lancar pada sistem pencernaan tubuh. Dosis yang disarankan untuk diminum adalah segelas setiap makan atau ngemil setiap hari.

3 dari 4 halaman

3. Hindari Makanan Pedas dan Alkohol

Keberadaan air di dalam tubuh merupakan kunci bagi pencernaan yang lebih baik. Masalah pencernaan yang terjadi pada tubuh ini bisa berujung pada terjadinya ambeien.

Konsumsi alkohol dan makanan pedas bisa membuat tubuh menjadi dehidrasi sehingga mempengaruhi sistem pencernaan tubuh. Hal ini nisa membuat ambeien yang kamu miliki jadi semakin parah.

4 dari 4 halaman

4. Jangan Mengejan

Mengejan ketika buang air besar memang kadang menghadirkan perasaan lega setelahnya. Namun hal ini ternyata menjadi salah satu penyebab terjadinya ambeien.

Ketika kamu mengalami konstipasi, mengejan bisa jadi sangat menyakitkan dan lebih tak nyaman jika kamu memiliki ambeien. Lebih lanjut, sebaiknya kamu tidak menunda buang air besar agar tidak mengalami hal seperti ini.

Sejumlah cara ini bisa kamu lakukan untuk membuat pencernaanmu semakin sehat. Kondisi pencernaan yang sehat merupakan jalan agar terhindar dari masalah ambeien ini. (mdk/RWP)

Baca juga:
Ini Hal yang Harus Ditaati Pasien Hipertensi Jika Ingin Tetap Berpuasa
Begini Menu Sahur dan Buka Puasa Kaya Gizi yang Harus Kamu Terapkan Selama Ramadan
Begini Cara untuk Mendapatkan Kebahagiaan dalam Kehidupanmu Sehari-Hari
5 Manfaat yang Bisa Kamu Peroleh dari Berolahraga di Pagi Hari
6 Cara Mudah dan Sederhana yang Bisa Dicoba di Rumah untuk Obati Sariawan
3 Cara untuk Membuat Tubuh Tidak Mudah Lelah Ketika Bekerja