4 Cara Ampuh Mengatasi Peradangan serta Kondisi Kering pada Organ Kewanitaan

4 Cara Ampuh Mengatasi Peradangan serta Kondisi Kering pada Organ Kewanitaan
SEHAT | 5 April 2020 00:41 Reporter : Rizky Wahyu Permana

Merdeka.com - Seiring menuanya usia seorang wanita, terdapat perubahan yang dialaminya. Salah satunya adalah menurunnya tingkat estrogen yang ada dalam dirinya.

Kondisi turunnya estrogen ini bisa menyebabkan kondisi vagina kering serta penipisan di dindingnya. Lebih lanjut, bisa juga terjadi peradangan pada bagian tersebut yang menyebabkan terjadinya gatal dan rasa terbakar.

Kondisi ini bisa menimbulkan rasa tak nyaman serta menimbulkan masalah dalam hubungan. Kondisi ini biasa dikenal sebagai atropi vagina yang juga mungkin dialami setelah kemoterapi.

Terjadinya masalah ini bisa dicegah dengan melakukan sejumlah langkah. Dilansir dari The Health Site, berikut sejumlah cara mudah yang bisa dilakukan untuk atasi masalah ini.

1 dari 4 halaman

Bercinta

Bercinta kadang bisa jadi tak nyaman pada kondisi radang vagina atau saat kering. Namun bercinta secara rutin bisa mencegah terjadinya masalah ini. Pesalnya, bercinta secara rutin bisa meningkatkan aliran darah pada organ intim kewanitaan.

2 dari 4 halaman

Hindari Produk Kimia

kimia

Sebagian besar bedak talkum, sabun, serta produk kosmetik lain memiliki kandungan bahan kimia di dalamnya. Ketika menggunakan produk ini, vagina bisa mengalami iritasi dan mengalami kondisi kering.

3 dari 4 halaman

Olahraga Secara Rutin

Berolahraga secara rutin bisa sangat berpengaruh terhadap kesehatan secara keseluruhan. Hal ini juga bisa bermanfaat untuk menjaga keseimbangan hormonal.

4 dari 4 halaman

Jaga Asupan Air

air

Konsumsi air dalam jumlah tepat juga bisa membantu mengatasi masalah kesehatan ini. Ketika asupan air di dalam tubuh tercukupi, kamu bisa menjaga tingkat kelembapan di dalam tubuh.

Beragam cara tersebut bisa kamu lakukan untuk mencegah munculnya infeksi serta kondisi kering pada vagina. Walau begtu, sebaiknya kamu berkonsultasi dengan dokter sebelum melakukan langkah-langkah tersebut. (mdk/RWP)

Baca juga:
5 Hal yang Bisa Menjadi penyebab Munculnya Bau Tak Sedap pada Organ Kewanitaan
Klitoris Wanita Ternyata Juga Bermanfaat untuk Proses Reproduksi
Tidak Hanya Pria, Wanita Ternyata Juga Bisa Mengalami Ereksi di Pagi Hari
Pil Pengembali Keperawanan Dapat Picu Komplikasi Infeksi yang Bisa Berujung Kematian
6 Penyebab Munculnya Rasa Gatal di Area Kewanitaan usai Bercinta

TOPIK TERKAIT

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami