4 Cara Cegah Anak Alami Obesitas Kala Pandemi

4 Cara Cegah Anak Alami Obesitas Kala Pandemi
Ilustrasi anak obesitas. ©2012 Merdeka.com
SEHAT | 29 Oktober 2020 11:00 Reporter : Titah Mranani

Merdeka.com - Anjuran dari pemerintah untuk tetap di rumah saja berdampak ada berkurangnya aktifitas tak hanya pada orang dewasa, tetapi juga pada anak-anak yang bisa memicu obesitas. Dokter spesialis anak Cynthia Rindang Kusumaningtyas dalam siaran persnya yang dikutip dari Liputan6.com, mengatakan bahwa menonton televisi atau bermain gim, merupakan aktifitas yang paling banyak dilakukan anak-anak selama di rumah aja.

"Biasanya, selama melakukan kegiatan tersebut, anak juga cenderung lebih sering mengonsumsi berbagai kudapan," kata Cynthia, dikutip Senin (26/10/2020). Ia mengatakan, ketiga gabungan hal tersebut dapat meningkatkan risiko obesitas pada anak.

Untuk itu, Dokter Cynthia yang berpraktik di Rumah Sakit Pondok Indah-Puri Indah ini merekomendasikan beberapa hal yang bisa dilakukan untuk mencegah obesitas pada anak:

1. Mengonsumsi makanan bernutrisi seimbang dengan jumlah secukupnya serta menghindari kudapan berkalori tinggi

2. Minum air putih dengan cukup

3. Makan sayur dan buah setiap hari agar si kecil cepat merasa kenyang dengan makanan yang sehat

4. Membuat kesepakatan jadwal bersama keluarga untuk mengurangi waktu menonton televisi atau main video games, dan digantikan dengan aktivitas fisik, misalnya jalan pagi atau bermain sepeda, tentunya dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan.

Baca Selanjutnya: Untuk aktivitas fisik Cynthia menyarankan...

Halaman

(mdk/ttm)

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami