4 Cara Mencegah Munculnya Rasa Sakit di Pantat Akibat Bersepeda

4 Cara Mencegah Munculnya Rasa Sakit di Pantat Akibat Bersepeda
Ilustrasi bersepeda. Shutterstock/Mediagram
SEHAT | 21 September 2021 06:00 Reporter : Rizky Wahyu Permana

Merdeka.com - Salah satu hobi yang pada saat ini tengah digandrungi oleh banyak orang adalah bersepeda. Hobi ini dianggap sebagai sebuah olahraga yang aman dilakukan dan juga menyenangkan pada masa pandemi COVID-19.

Olahraga bersepeda ini memang merupakan salah satu jenis olahraga yang menyehatkan serta menyegarkan pikiran. Selain itu, hal ini juga cukup mudah dilakukan sehingga banyak yang melakukannya.

Banyak orang yang sebelumnya tidak familiar bersepeda menjadi melakukan hal ini. Kondisi ini menyebabkan mereka yang tidak biasa bersepeda kadang mengalami suatu kondisi sakit yang tak nyaman terutama di bagian pantat.

Bersepeda dalam waktu yang lama memang bisa menyebabkan rasa tak nyaman terutama pada bagian tubuh yang kontak langsung dengan sadel. Hal ini terjadi karena tulang kita yang berada di pantat harus menahan berat badan meksimum tubuh sehingga menyebabkan rasa tak nyaman dan sakit.

Fokusnya berat tubuh pada area yang kecil menyebabkan banyaknya tekanan pada tulang tempat kamu duduk. Hal ini menurunkan aliran darah di bagian tersebut dan menyebabkan peradangan.

Lebih lanjut, perubahan berat badan secara konstan akibat mengayuh pedal bisa menyebabkan gesekan dan panas sehingga terjadi lecet. Masalah umum yang dialami sebagia besar pesepeda adalah eksim kulit akibat keringat.

Walau tak nyaman, masalah ini bisa disebut tidak seberapa berat dan mudah diatasi. Dilansir dari Times of India, berikut sejumlah cara untuk mencegah munculnya rasa sakit di pantat akibat bersepeda.

Baca Selanjutnya: Mulai Bersepeda Secara Perlahan...

Halaman

(mdk/RWP)

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami