4 Cara Mudah Mencegah Munculnya Osteoporosis dan Menjaga Kesehatan Tulang

SEHAT | 22 November 2019 00:40 Reporter : Rizky Wahyu Permana

Merdeka.com - Osteoporosis merupakan salah satu masalah yang menyebabkan menurunnya kepadatan dan kualitas tulang. Ketika kepadatan tulang menurun, kamu mengalami peningkatan risiko patah tulang dan cedera lain.

Ketika kamu terlanjur mengalami masalah ini, tidak ada penyembuhan yang bisa mengatasinya. Namun untungnya hal ini bisa dicegah dengan sejumlah cara.

Terdapat sejumlah faktor yang bisa menyebabkan munculnya hal ini seperti genetik, usia, dan jenis kelamin. Sejumlah hal juga bisa menjadi penyebab seseorang mengalami osteoporosis ini.

Tulang seseorang mengalami perubahan terus menerus dan berada pada kondisi maksimal sekitar usia dua puluhan. Seiring kita menua, tulang bakal menua dan sel tulang baru menyimpan osteoid untuk menggantinya.

Bagi seseorang yang memiliki osteoporosis, perapuhan yang terjadi di tulang tidak bisa memadai pembentukan tulang baru. Hal ini membuat tulang menjadi rapuh dan rentan cedera.

Terdapat sejumlah hal yang bisa mencegah kondisi ini. Dilansir dari The Health Site, berikut sejumlah cara untuk mencegah terjadinya osteoporosis.

1 dari 4 halaman

Melakukan Olahraga yang Memperkuat Tulang

Seiring otot menguat dan lemak memudar, tulang juga menjadi lebih kuat dengan melakukan olahraga. Sejumlah olahraga terutama yang berada dalam kondisi melawan gravitasi bisa membantu terbentuknya tulang baru. Beberapa olahraga yang bermanfaat adalah aerobik, naik tangga, olahraga raket, berlari, serta olahraga peningkat kekuatan.

2 dari 4 halaman

Konsumsi Lebih Banyak Makanan Kaya Kalsium dan Vitamin D

Kurangnya kalsium serta vitamin D merupakan penyebab utama terjadinya osteoporosis. Vitamin D bisa membantu menyerap lebih banyak kalsium dalam tubuh. Tulang terdiri dari kalsium sehingga rendahnya jumlah nutrisi ini bisa membuat tulang menjadi lemah.

Untuk mendapat cukup vitamin D, lebih sering berjemur. Selain itu kamu bisa mendapatnya dari makanan seperti ikan, keju, dan telur. Sedangkan kalsium bisa kamu peroleh dari produk olahan susu rendah lemah, sayuran berwarna hijau gelap, sereal, dan susu.

3 dari 4 halaman

Berhenti Merokok dan Minum Soda

Merokok bisa mencegah hormon estrogen bekerja dengan optimal sehingga risiko perapuhan dan pataj tulang meningkat. Soda dan minuman berkarbonasimemiliki fosfor berlebih yang mencegah tubuh menyerap kalsium sehingga bisa menyebabkan perapuhan tulang.

4 dari 4 halaman

Pastikan Memeriksa Kepadatan Tulang Secara Rutin

Pada seseorang dengan riwayat keluarga yang memiliki osteoporosis, sangat pentung untuk kerap melakukan tes kepadatan tulang. Hal ini bisa membantu untuk mengetahui risiko dan mencegah kondisi yang bakal terjadi di masa mendatang.

Sejumlah cara tersebut bisa membantu kamu mencegah terjadinya osteoporosis dalam dirimu. Mencegah tentu jauh lebih baik dibanding mengobati sehingga hal ini sangat penting untuk dilakukan. (mdk/RWP)

Baca juga:
Hindari Penggunaan Tas di Satu Sisi Bahu Karena Risiko Kesehatan Jangka Panjang
Merokok dan Minum Alkohol Bisa Picu Munculnya Osteoporosis Lebih Dini
Sejumlah Mitos Mengenai Kesehatan Tulang yang Terbukti Salah
Sederet Masalah Kesehatan yang Mengancam dari Penggunaan Sandal Jepit Terlalu Lama
Manfaat Tak Terduga yang Bisa Kamu Peroleh dari Mengonsumsi Teh Secara Rutin
5 Manfaat Menyehatkan dari Mencampur Teh Hijau dengan Madu