4 Hal yang Dapat Dialami Orangtua Ketika Tidur dengan Bayi Mereka

4 Hal yang Dapat Dialami Orangtua Ketika Tidur dengan Bayi Mereka
SEHAT | 19 Februari 2020 13:00 Reporter : Rizky Wahyu Permana

Merdeka.com - Banyak orangtua yang tidur dengan bayi mereka karena sejumlah alasan. Baik karena alasan tempat yang terbatas atau juga untuk menghemat waktu, banyak orangtua yang melakukan hal ini.

Walau begitu, terdapat sejumlah penelitian yang menyatakan bahwa sebaiknya orangtua tidak tidur bersama bayi mereka. Disarankan agar bayi berada di kasur terpisah atau diletakkan di boks tersendiri.

Namun banyak orangtua terutama ibu yang khawatir jika berada jauh dari bayi terutama yang baru lahir. Hal ini menyebabkan tidur berdampingan dengan bayi jadi tak terhindarkan.

Terdapat sejumlah pro dan kontra mengenai tidur dengan bayi ini. Dilansir dari The Health Site, berikut sejumlah yang yang mungkin dialami oleh bayi dan orangtua ketika tidur berdampingan.

1 dari 4 halaman

Bisa Membahayakan Bayi

Tidur bersama antara orangtua dan bayi bisa meningkatkan kasus Sudden Infant Death Syndrome (SIDS) atau kematian mendadak bayi. Disarankan untuk meletakkan bayi di boks yang berada di posisi sangat dekat. Hal ini bisa membuatmu bisa tetap memperhatikannya walau tidur di tempat terpisah.

2 dari 4 halaman

Kamu Mungkin Kurang Tidur

kurang tidur

Ketika tidur bersama dengan bayi, kamu mungkin bakal terbangun berkali-kali di tengah malam. Hal ini bisa membuat kamu menjadi terus merasa lelah terutama karena banyaknya hal yang harus dilakukan.

3 dari 4 halaman

Bisa Meningkatkan Indera Bayi

Ketika orangtua tidur berasam dengan bayi mereka, perkembangan indera mereka bakal meningkat. Buah hati juga bisa lebih baik dalam mengidentifikasi bau, pergerakan, suara, sentuhan, dan panas yang muncul.

4 dari 4 halaman

Memperkuat Ikatan antara Orangtua dan Bayi

antara orangtua dan bayi

Tidur berdampingan antara orangtua dan bayi bisa membuat hubungan yang lebih dekat di antara mereka. Buah hati bakal mengenali orangtua mereka hanya melalui panas tubuh dan suara. Hal ini bisa memberikan perasaan aman pada bayi dan membuatnya tumbuh dengan lebih gembira.

Tidur berdampingan antara orangtua dan bayi memiliki dampak positif dan negatif. Sejumlah hal tersebut bisa menjadi pertimbangan dalam memilih apakah akan tidur bersama atau terpisah dengan buah hati. (mdk/RWP)

Baca juga:
3 Hal untuk Sterilisasi dan Membersihkan Alat Makan dan Menyusui Bayi
Penggunaan Sarung Tangan pada Bayi Sebenarnya Tidak Perlu Dilakukan
Begini Cara bagi Orangtua untuk Merawat Anak yang Lahir Prematur
Berikut Sejumlah Cara Tepat Bagi Orangtua untuk Merawat Bayi Prematur
Begini Cara Menyenangkan bagi Anak Agar Tidak Kecanduan Gawai
Begini Cara Jitu yang Bisa Membantu Anak Menjadi Lebih Mandiri di Usia Muda
Ini Hal yang Perlu Dipersiapkan Calon Ayah Sebelum Menimang Momongan

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Menolak Bahaya Lebih Baik Daripada Mengejar Manfaat

5