4 Hal yang Wajib Dilakukan oleh Penderita Diabetes pada Malam Hari

4 Hal yang Wajib Dilakukan oleh Penderita Diabetes pada Malam Hari
SEHAT | 1 April 2020 00:40 Reporter : Rizky Wahyu Permana

Merdeka.com - Penderita diabetes perlu melakukan sejumlah perubahan gaya hidup terkait kondisi yang dialaminya. Hal ini penting untuk mejaga tubuh tetap sehat dan berfungsi sebagaimana semestinya.

Penderita diabetes harus mengendalikan pola makan dan berolahraga secara rutin untuk menstabilkan gula darah. Ketika diabetes seseorang dibiarkan saja, maka bisa berujung pada masalah keseahtan yang lain.

Ketika kadar gula darah meningkat, bisa terjadi sejumlah komplikasi pada diri seseorang. Sejumlah hal bisa kamu lakukan untuk mencegah hal ini.

Pada malam hari sebelumnya, terdapat hal yang bisa kamu lakukan untuk menurunkan risiko komplikasi diabetes. Dilansir dari The Health Site, berikut sejumlah hal yang wajib dilakukan penderita diabetes di malam hari.

1 dari 4 halaman

Siapkan Makan Malam Bernutrisi

malam bernutrisi

Ketika memiliki diabetes, kamu memerlukan makan malam yang sehat dan bernutrisi. Makanan yang kamu konsumsi juga perlu direncanakan sebelumnya.

Pilihan makanan yang tepat meliputi daging, ikan, ayam, kacang, brokoli, serta sayuran hijau. Makanan lain yang bisa dikonsumsi adalah ubi, beras merah, kacang-kacangan, quinoa, atau barley.

2 dari 4 halaman

Berolahraga

Usai makan malam, lakukan olahraga ringan seperti berjalan selama 30 menit di sekitar rumah. Hal ini bakal membuatmu lebih segar dan bisa mencerna makanan lebih mudah agar tidurmu nyenyak. Cara ini juga bakal meningkatkan sensitivitas insulin milikmu.

3 dari 4 halaman

Bersihkan Mulut dengan Menyeluruh

dengan menyeluruh

Ketika kamu menderita diabetes, membersihkan mulut perlu dilakukan dengan serius karena kamu rentan mengalami masalah gugi dan karang gigi. Hal ini terjadi karena air liur milikmu lebih manis dibanding orang normal.

Membersihkan mulut secara menyeluruh baik dengan menyikat maupun flossing jadi penting untuk dilakukan sebelum tidur. Hal ini untuk memastikan bahwa mulut terhindar dari sisa makanan dan bakteri.

4 dari 4 halaman

Perhatikan Luka di Kaki

Cedera saraf merupakan hal yang umum dialami seseorang dengan diabetes sehingga menyebabkan terjadinya mati rasa. Ketika kamu mengecek kaki sebelum tidur untuk memeriksa luka agar terhindar dari infeksi berat yang mungkin terjadi.

Sejumlah hal tersebut disarankan untuk dilakukan pada malam hari bagi penderita diabetes. Dengan melakukannya, kamu bisa terhindar dari masalah yang lebih berat pada saat kemudian. (mdk/RWP)

Baca juga:
8 Tanda yang Bakal Ditunjukkan Kulit ketika Kamu Mengalami Diabetes
2,5 Gelas Jus Jeruk Bisa Jadi Cara Segar Atasi Obesitas dan Masalah Jantung
8 Hal Tak Terduga yang Bisa Menyebabkan Kamu Mengalami Dehidrasi
Tingkat Testosteron Miliki Risiko Kesehatan Berbeda pada Pria dan Wanita
6 Makanan Kaya Serat yang Sangat Cocok bagi Penderita Diabetes

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami