4 Kesalahan di Pagi Hari yang Bisa Buat Kamu Gagal Diet

SEHAT | 15 Oktober 2019 14:10 Reporter : Rizky Wahyu Permana

Merdeka.com - Dalam menurunkan berat badan, terdapat sejumlah hal yang bisa mempengaruhi upaya seseorang. Gaya hidup yang tak tepat serta pilihan makanan yang sembrono bisa jadi penyebab hal ini.

Namun, siapa sangka bahwa rutinitas yang kamu lakukan setiap pagi juga bisa berdampak pada usahamu untuk menurunkan berat badan ini. Pasalnya, pagi merupakan waktu terpenting untuk menjadi penanda kamu memiliki gaya hidup sehat.

Pagi hari merupakan waktu paling bermanfaat bagi tubuh untuk menyegarkan energi dan metabolisme. Ketika hari sudah berubah siang, biasanya kamu bakal terlalu sibuk bekerja atau melakukan sejumlah aktivitas.

Sejumlah kebiasaan baik yang kamu lakukan pagi hari bisa berdampak positif pada tubuh. Sedangkan sejumlah kebiasaan buruk yang kamu lakukan juga bisa berdampak buruk bagi kesehatan.

Dampak buruk kesehatan ini juga bakal kamu alami pada berat badanmu jika menerapkan kebiasaan yang tak tepat. Dilansir dari The Health Site, berikut sejumlah kesalahan di pagi hari yang bisa membuat kamu gagal menurunkan berat badan.

1 dari 4 halaman

Tidak Minum Air Putih Sebagai Minuman Pertama

Banyak orang yang mengawali hari dengan meminum teh atau kopi. Namun ternyata minuman yang paling tepat untuk dikonsumsi pertama kali saat pagi hari adalah air putih.

Untuk membantu menurunkan berat badan, disarankan mengonsumsi air hangat di pagi hari karena bisa membuang racun keluar dari tubuh. Hal ini bisa membantu menurunkan berat badan karena membuat metabolisme jadi bekerja, membersihkan usus, serta menjagamu dari masalah tekanan darah tinggi.

2 dari 4 halaman

Kurang Berjemur

Pada pagi hari, berjemur dan mendapat cukup sinar matahari merupakan hal yang penting diperoleh seseorang. Pasalnya, pada siang hari, seseorang biasanya terlalu sibuk di dalam kantor dan kesulitan memperoleh waktu berjemur. Hal ini bisa berdampak kurangnya vitamin D pada diri seseorang.

Penelitian mengungkap bahwa kurangnya vitamin D berhubungan dengan bertambahnya berat badan. Vitamin D bisa mengontrol selera makan dan menekan penyimpangan sel lemak yang mendorong menurunnya berat badan.

3 dari 4 halaman

Olahraga Sebelum Sarapan

Ketika kamu berolahraga di pagi hari, tubuh bisa tiba-tiba terlibat pada aktivitas intensitas tinggi. Hal ini bisa membuat hormon yang kamu miliki mengacaukan upayamu untuk menurunkan berat badan.

Olahraga sebelum sarapan bisa menghabiskan energimu lebih cepat sehingga membuatmu jadi lebih lapar dan akhirnya kamu makan lebih banyak. Berolahraga pada kondisi perut yang kosong sepenuhnya juga bisa membuatmu mengalami masalah perut.

4 dari 4 halaman

Sarapan Berat Penuh Karbohidrat

Tubuh seseorang berada dalam kondisi yang paling bugar pada pagi hari. walau begitu, sebaiknya kamu tidak mengonsumsi terlalu banyak sarapan yang berlemak dan kaya karbohidrat.

Walau sarapan besar di pagi hari dapat menekan kalori yang kamu konsumsi kemudian, namun penting untuk mengonsumsi makanan yang seimbang dan kaya serat. Oleh karena itu, disarankan untuk mengonsumsi buah, jus, telur, atau sayuran.

Sejumlah kesalahan di atas memang tampak sepele namun bisa berdampak pada berat badanmu. Perhatikan sejumlah hal tersebut terutama ketika kamu ingin menurunkan berat badan. (mdk/RWP)

Baca juga:
Dokter Spesialis Jantung Ingatkan untuk Mulai Check Up Sejak Usia 20-an
10 Penyakit Autoimun yang Paling Umum Dialami Ditemui di Masyarakat
Bahaya Mengerikan Sering Pakai Minyak Goreng Curah
Benarkah Konsumsi Air Dingin Bisa Menyebabkan Seseorang Jadi Gemuk?
Cara Mengatasi Munculnya Keringat Berlebihan di Sekitar Area Kewanitaan
Gadis Mungil Bisa Bersin Keras Seperti Bapak-Bapak? Ini Penyebabnya