4 Kesalahan Seputar Tidur yang Kerap Dilakukan Banyak Orang

4 Kesalahan Seputar Tidur yang Kerap Dilakukan Banyak Orang
SEHAT | 31 Desember 2020 06:00 Reporter : Rizky Wahyu Permana

Merdeka.com - Tidur merupakan saat-saat yang cukup penting bagi kesehatan dan kebugaran kita. Pada saat tidur, tubuh akan memperbaiki diri sehingga hal ini sangat diperlukan.

Sayangnya, kadang kita tidak cukup menyadari pentingnya tidur ini. Hal ini membuat kita menjadi sembarangan ketika tidur sehingga mengalami berbagai dampak.

Pola dan kebiasaan tidur yang kita miliki dapat terganggu dengan sangat mudah oleh beberapa hal yang kita lakukan. Tindakan atau makanan yang kita konsumsi dapat mempengaruhi kualitas tidur yang kita miliki.

Tanda kita sadari, sebagian tindakan yang kita lakukan ketika siang hari atau sebelum tidur dapat berkontribusi terhadap buruknya kualitas tidur yang kita miliki. Dilansir dari Medical Daily, berikut sejumlah kebiasaan yang bisa menyebabkan masalah pada kualitas tidur kita.

Tidur Berlebihan Selama Akhir Pekan

Banyak orang yang berusaha tidur sepuasnya ketika akhir pekan tiba untuk melunasi 'utang' tidur selama hari kerja. Namun tahukah kamu bahwa hal ini disebut oleh Dr. Robert Rosenberg dari Sleep Disorders Centers, Prescott Valley, Arizona sebagai perilaku yang bisa menurunkan kualitas tidur kamu.

"Tidur lebih lama ketika akhir pekan tak bakal membantu. Faktanya, melakukan hal tersebut malah mengganggu jadwal tidur normalmu secara parah sehingga pada minggu malam kamu bakal kesulitan untuk tidur," jelasnya.

Alih-alih tidur cukup lama, Rosenberg malah menyarankan kita untuk tidur secara normal. Hal ini dapat membantu mempertahankan kewaspadaan dan energi pada siang hari.

Baca Selanjutnya: Tidur Tengkurap...

Halaman

(mdk/RWP)

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami