4 Trik untuk Makan Lebih Sedikit agar Perut Tidak Semakin Membuncit

4 Trik untuk Makan Lebih Sedikit agar Perut Tidak Semakin Membuncit
SEHAT | 10 April 2020 00:40 Reporter : Rizky Wahyu Permana

Merdeka.com - Bekerja dan beraktivitas di rumah dalam waktu lama menyebabkan kamu jadi makan lebih banyak. Ketika dikombinasikan dengan kegiatan fisik yang semakin sedikit, hal ini bisa berdampak pada perut yang semakin membuncit.

Kondisi perut bisa semakin besar ketika kita bekerja di rumah ini tentu bisa sangat mengganggu. Terutama ketika kita kurang memperhatikan asupan makanan yang kita konsumsi.

Pada kondisi sekarang, sangat penting untuk konsumsi jenis makanan sehat dengan porsi yang tepat. Hal ini demi membuat kita tidak semakin gemuk dan juga menjaga kesehatan tubuh kita lebih baik.

Terdapat sejumlah perubahan yang bisa kamu lakukan untuk menyesuaikan jumlah porsi makan ini. Dilansir dari Times of India, begini sejumlah cara mudah agar kamu bisa makan lebih sedikit.

1 dari 4 halaman

Jangan Makan sambil Main HP

sambil main hp

Banyak orang yang memiliki kebiasaan makan sambil memainkan smartphone mereka baik untuk bekerja atau sekadar bermain-main. Penggunaan smartphone ini menyebabkan gangguan yang membuat kita tak menyadari seberapa banyak sudah makan sehingga jadi kurangg menikmatinya dan tak terasa ketika perut sudah kenyang. Menyingkirkan smartphone dari meja makan bisa membantu kamu berkonsentrasi pada makanan sehingga makan lebih sedikit.

2 dari 4 halaman

Makan dengan Sendok dan Garpu

Indera perasa kita bisa mengalami pengalaman lebih baik ketika makan menggunakan tangan sehingga akhirnya kita makan lebih banyak. Menggunakan alat makan seperti sendok dan garpu bisa menjadi cara agar kamu makan dalam porsi lebih sedikit.

3 dari 4 halaman

Makan dengan Jeda

jeda

Memberi jeda saat makan bisa memperlambatnya sehingga akhirnya kamu bisa makan lebih sedikit. Kamu bisa melakukannya dengan mengunyah lebih banyak dan menurunkan alat makan setiap suapan. Hal ini bakal membuatmu terasa lebih kenyang sehingga akhirnya jumlah makanan yang kamu konsumsi jadi lebih sedikit.

4 dari 4 halaman

Minum Sebelum Makan

Penelitian menunjukkan bahwa minum air sebelum makan bisa membantu kamu makan lebih sedikit. Kamu bisa minum segelas air putih 30 menit sebelum makan untuk mengurangi porsi makanmu. Kamu juga bisa mengonsumsi buah segar, mentimun, atau mint pada air yang kamu konsumsi untuk menambah manfaat antioksidan di dalamnya.

Empat cara tersebut bisa dengan mudah segera kamu terapkan untuk mengurangi jumlah makanan yang kamu konsumsi. Membatasi jumlah makanan bisa menjadi cara untuk menjaga lingkar pinggang. (mdk/RWP)

Baca juga:
Konsumsi Makanan Sehat Jadi Modal Utama untuk Tubuh Kuat Hadapi COVID-19
7 Cara Ampuh Mencegah Stress Eating saat Kamu Mengurung Diri di Rumah
Cegah Pneumonia dengan Konsumsi Secara Rutin 4 Nutrisi Ini
8 Manfaat Luar Biasa yang Terkandung dalam Lembaran Kubis
Ini Bahan Makanan yang Harus Disimpan Selama Masa Kerja dari Rumah
5 Makanan Sehat yang Bisa Bermanfaat bagi Kebugaran Paru-Paru

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami