5 Alasan Banyak Tidur Bisa Buat Kamu Jadi Kurus

5 Alasan Banyak Tidur Bisa Buat Kamu Jadi Kurus
SEHAT | 2 April 2020 00:40 Reporter : Rizky Wahyu Permana

Merdeka.com - Ketika masa mengurung diri dan belajar serta bekerja dari rumah seperti sekarang, tidak banyak hal yang bisa kita lakukan. Satu hal yang jadi lebih sering kita lakukan pada saat ini adalah tidur.

Kondisi berdiam di rumah menjadikan kita memiliki banyak waktu untuk bermalas-malasan di kasur hingga tertidur. Hal ini disebut banyak orang bisa membuat kamu menjadi lebih gemuk.

Namun, tahukah kamu bahwa tidur sesungguhnya bisa membantumu menjaga berat badan? Tentu saja hal ini dilakukan pada saat tertidur dengan jumlah yang cukup.

Ketika seseorang kurang tidur, terdapat dampak negatif yang bisa dialaminya. Dilansir dari The Health Site, berikut alasan mengapa tidur bisa membuatmu menjaga berat badan.

1 dari 5 halaman

Kurang Tidur Tingkatkan Risiko Obesitas

Orang dewasa yang kurang tidur mungkin memiliki risiko lebih tinggi bertambah berat badan. Berdasar penelitian, ketika tidur seseorang bakal mengalami perubahan berat badan yang lebih sedikit. Gangguan tidur yang dialami seseorang juga berhubungan dengan obesitas.

2 dari 5 halaman

Kualitas Tidur yang Buruk Bisa Tingkatkan Selera Makan

yang buruk bisa tingkatkan selera makan

Banyak orang yang kekurangan tidur cenderung untuk makan lebih banyak. Hal ini terjadi karena dua hormon yang berhubungan dengan rasa lapar seperti ghrelin dan leptin. Ketika kurang tidur, keseimbangan dari hormon ini jadi terganggu.

3 dari 5 halaman

Kurang Tidur Buat Metabolisme Terganggu

Penelitian mengugkap bahwa kurang tidur bisa menurunkan kadar metabolisme saat istirahat yaitu jumlah kalori yang terbakar ketika tidur. Diketahui bahwa kurangnya tidur bisa membuat hilangnya otot. Karena otot membakar kalori ketika istiharat, kadar metabolik menurun pada saat otot hilang.

4 dari 5 halaman

Cukup Tidur dapat Meningkatkan Aktivitas Fisik

dapat meningkatkan aktivitas fisik

Kurang tidur bisa berujung pada kelelahan di siang hari dan membuatmu kurang termotivasi untuk berolahraga. Selain itu, kamu bakal lebih mudah lelah ketika berolahraga berlebih. Lebih lanjut, diketahui bahwa tidur cukup bisa meningkatkan kekuatan otot dan performa atletik.

5 dari 5 halaman

Tidur Cukup Bisa Mencegah Resistensi Insulin

Insulin merupakan hormon yang membuat tubuh menggunakan gula dari karbohidrat yang kamu konsumsi sebagai energi. Ketika kualitas tidur seseorang buruk, lebih banyak gula tersimpan di aliran darah karena sel tuuh menjadi resisten terhadap insulin dan bisa berpengaruh terhadap munculnya diabetes dan bertambahnya tekanan darah.

Walau tidur memang berdampak positif terhadap berat badan seseorang, namun kamu tidak boleh terus bermalas-malasan. Pola makan yang tepat serta gaya hidup yang sehat juga sangat berpengaruh. (mdk/RWP)

Baca juga:
Sulit Tidur? 5 Cara Ini Bisa Buatmu Terlelap Lebih Cepat
Cukup Tidur Bisa Bantu Remaja Atasi Stres Akibat Masalah Sosial
Orangtua Miliki Peran Besar dalam Atasi Kesulitan Tidur Anak Remaja
Kurang Tidur Bisa Mendorong Seseorang untuk Mengonsumsi Lebih Banyak Makanan Manis
4 Hal yang Dapat Dialami Orangtua Ketika Tidur dengan Bayi Mereka
Mencium Aroma Tubuh Pasangan Bisa Jadi untuk Tingkatkan Kualitas Tidur
Ingin Tidur Nyeyak saat Hidung Mampet? Ini Tips Mudah untuk kamu Terapkan

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami