5 Alasan kenapa siklus menstruasi mempengaruhi masa menyusui

5 Alasan kenapa siklus menstruasi mempengaruhi masa menyusui
SEHAT | 20 Desember 2013 15:41 Reporter : Febrianti Diah Kusumaningrum

Merdeka.com - Menstruasi, kehamilan, dan menyusui adalah siklus yang dialami oleh sebagian besar wanita dalam hidupnya. Setelah melahirkan buah hati, kebanyakan wanita memilih untuk memberikan asi atau menyusui.

Namun tahukah Anda bahwa siklus menstruasi dapat mempengaruhi proses menyusui Anda dan buah hati? Berikut adalah alasan kenapa siklus menstruasi mengganggu masa menyusui Anda seperti dilansir dari boldsky.com.

Perubahan hormon

Perubahan hormon yang berhubungan dengan siklus menstruasi akan mempengaruhi masa menyusui Anda. Beberapa wanita mungkin akan mengalami nyeri payudara selama menstruasi.

Perubahan mood

Saat Anda menstruasi, perubahan mood yang naik dan turun akan mempengaruhi suasana hati Anda. Terkadang seringkali Anda merasa lelah saat menyusui.

Sakit kepala

Sakit kepala adalah salah satu gejala menstruasi yang paling umum. Hal ini akan membuat Anda merasa cepat lelah sehingga Anda merasa tidak nyaman untuk menyusui.

Mempengaruhi persediaan ASI

Perubahan hormon yang terjadi saat Anda menstruasi dapat mengurangi produksi ASI.

Nyeri puting

Apakah Anda sering mengalami rasa nyeri di puting saat menstruasi? Kemungkinan besar hal ini akan membuat Anda merasa kesulitan untuk menyusui.

Itulah hal yang dapat mengganggu Anda dalam menyusui si buah hati Anda. Namun ada beberapa cara tertentu untuk mengatasinya seperti dengan mengontrol emosi dengan baik. (mdk/feb)

TOPIK TERKAIT

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami