5 Bahan Alami yang Bisa Digunakan Sebagai Pereda Rasa Sakit

SEHAT | 14 Agustus 2019 00:40 Reporter : Rizky Wahyu Permana

Merdeka.com - Rasa sakit bisa saja muncul pada sekujur tubuh kita karena sejumlah penyebab. Adanya masalah kesehatan atau sejumlah hal lain bisa menjadi penyebab munculnya rasa sakit ini.

Rasa sakit yang muncul ini bisa mengganggu kebiasaan tidur, kemampuan untuk bekerja, dan menikmati aktivitas sehari-hari. Masalah ini pada selanjutnya juga bisa berujung pada masalah lain.

Biasanya untuk meredakan rasa sakit ini, seseorang mengonsumsi obat-obatan tertentu. Namun sayangnya, berdasar sebuah penelitian diketahui bahwa konsumsi obat-obatan pereda sakit ini bisa berujung penyakit kardiovaskular.

Oleh karena itu, sangat penting untuk terlebih dahulu berkonsultasi dengan dokter sebelum mengonsumsi obat pereda rasa sakit ini. Untungnya, terdapat sejumlah bahan alami yang juga bisa memiliki manfaat sebagai pereda rasa sakit.

Bahan makanan yang bisa digunakan sebagai pereda rasa sakit secara alami ini bisa didapatkan dengan sangat mudah. Dilansir dari The Health Site, berikut sejumlah bahan alami yang bisa digunakan sebagai pereda rasa sakit.

1 dari 5 halaman

Kunyit

Kunyit merupakan tumbuhan yang sangat mudah ditemui dan juga memiliki manfaat yang luar biasa. Tumbuhan ini bisa membantu mengurangi rasa sakit yang disebabkan oleh peradangan.

2 dari 5 halaman

Paprika

Paprika merupakan salah satu tumbuhan Campsicum yang bisa membantu meredakan rasa sakit di punggung. Gunakan tumbuhan ini secara langsung pada area yang mengalami rasa sakit untuk memperoleh manfaatnya.

3 dari 5 halaman

Minyak Esensial Lavender

Minyak esensial lavender memiliki manfaat untuk mengurangi rasa sakit, anti peradangan serta antioksidan. Minyak jenis ini bisa meredakan rasa sakit dan kecemasan sehingga bisa membuatmu tidur lebih baik.

4 dari 5 halaman

Minyak Esensial Peppermint

Minyak esensial peppermint memiliki kandungan bernama carvacrol, menthol, dan limonene. Minyak esensial peppermint bisa meredakan urat yang menegang dan masalah yang berhubungan dengan nyeri otot.

5 dari 5 halaman

Cengkih

Cengkih merupakan tumbuhan yang memiliki kandungan antioksidan dan anti inflamasi di dalamnya. Adanya kandungan ini membantu tumbuhan ini untuk menurunkan rasa sakit yang berhubungan dengan gigi.

Sejumlah bahan makanan alami tersebut memiliki manfaat luar biasa untuk meredakan rasa sakit. Untuk menghilangkan rasa sakit yang kamu alami, kamu bisa mengonsumsi sejumlah bahan alami ini. (mdk/RWP)

Baca juga:
5 Bahan Hukuman yang Haram Dicampur dengan Makanan Lain di Kulkas
16 Manfaat Daun Kelor untuk Kesehatan dan Kecantikan
Konsumsi Kacang Secara Rutin Bisa Jaga Tingkat Kesuburan dan Hasrat Seksual Pria
Apa Sih Sebenarnya Elektrolit Itu dan Apa Manfaatnya Bagi Kesehatan?
10 Bahan Makanan Luar Biasa yang Bisa Membantu Mengatasi Anemia
8 Manfaat yang Bisa Diperoleh dari Konsumsi Sari Tebu secara Rutin

TOPIK TERKAIT