5 Bumbu Dapur yang Bisa Sangat Bermanfaat dalam Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

5 Bumbu Dapur yang Bisa Sangat Bermanfaat dalam Meningkatkan Daya Tahan Tubuh
SEHAT | 5 Juli 2020 00:45 Reporter : Rizky Wahyu Permana

Merdeka.com - Menjaga tubuh tetap sehat merupakan hal yang penting di masa pandemi COVID-19 seperti sekarang. Kondisi musim kemarau yang terjadi dan dingin saat ini juga membuat kita lebih rentan sakit.

Meningkatkan kekebalan tubuh merupakan hal yang penting dilakukan terutama untuk menjaga tubuh dari masuknya penyakit. Menerapkan gaya hidup sehat merupakan hal utama untuk memperoleh manfaat ini.

Salah satu cara mudah untuk meningkatkan kekebalan tubuh adalah melalui makanan. Beberapa makanan memiliki manfaat ekstra yang bisa melindungi serta memperkuat tubuh.

Manfaat ini juga bisa diperoleh dari sejumlah bumbu masak dan rempah-rempah yang kita gunakan sehari-hari. Dilansir dari Medical Daily, berikut sejumlah bumbu dapur yang berkhasiat untuk meningkatkan daya tahan tubuh.

1 dari 5 halaman

Kunyit

Kandungan kurkumin pada kunyit membuatnya memiliki efek antioksidan dan antimikrobial yang bisa bermanfaat bagi tubuh. Kandungan ini membuat tubuh terhindar dari masalah pencernaan serta sangat berguna untuk meningkatkan daya tahan.

2 dari 5 halaman

Jahe

Jahe merupakan bumbu berkhasiat yang mampu melawan meriang, demam, serta memiliki kandungan anti virus yang juga bisa mengatasi hidung mampet. Bahan ini juga bisa mengatasi radang tenggorokan dan memiliki efek anti peradangan serta antioksidan.

3 dari 5 halaman

Merica

Merica diketahui mampu menghentikan sinusitis dan hidung mampet. Kandungan yang ada di dalamnya bisa membantu memecah ingus dan lendir pada saluran pernapasan yang terinfeksi. Selain itu, merica juga memiliki kandungan antibakterial dan antiperadangan.

4 dari 5 halaman

Bawang Putih

Bawang putih merupakan stimulan daya tahan tubuh yang sangat efektif. Selain itu, bawang putih juga memiliki kandungan antimikrobial dan anti jamur di dalamnya.

5 dari 5 halaman

Serai

Serai bisa membantu meningkatkan daya tahan tubuh dengan kandungan antioksidan di dalamnya. Lebih lanjut, serai juga bisa digunakan untuk mengatasi demam dan badan panas serta infeksi perut dan saluran kencing.

Sejumlah bumbu dapur tersebut bisa memberi manfaat luar biasa bagi kesehatan tubuh. Oleh karena itu, gunakan dengan tepat untuk meningkatkan kesehatan dan mengobati masalahmu. (mdk/RWP)

Baca juga:
Begini Cara yang Bisa DIlakukan Orangtua untuk Membuat Anak Suka Makan Sayur
Sejumlah Pola Makan yang Bisa Diterapkan untuk Mencegah Masalah Usai Operasi
4 Jenis Kacang yang Lezat dan Bermanfaat Atasi Masalah Kekurangan Zat Besi
Benarkah Gula Merah Memiliki Manfaat Lebih Sehat Dibanding Gula Pasir?
5 Jenis Makanan yang Perlu Dikonsumsi Wanita untuk Kesehatan Sehari-Hari

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami