5 Cara Bagi Ibu agar Lebih Mudah dan Lancar Menyusui Buah Hati

5 Cara Bagi Ibu agar Lebih Mudah dan Lancar Menyusui Buah Hati
Ilustrasi ibu menyusui. ©iStock
SEHAT | 28 Mei 2022 08:00 Reporter : Rizky Wahyu Permana

Merdeka.com - Menyusui bayi secara langsung atau ASI eksklusif merupakan hal yang penting dilakukan orangtua terhadap buah hati. Pemberian ASI pada usia awal kehidupan ini tak hanya membantu memenuhi kebutuhan nutrisi saja namun juga membangun kedekatan antara bayi dengan orangtua.

Sebagai minuman utama pada bayi, ASI mengandung nutrisi yang seimbang untuk anak. Minuman ini juga mudah dicerna serta penuh antibodi yang bisa membuat sistem kekebalan tubuh mereka menguat.

Sayangnya bagi ibu terutama yang baru pertama kali memiliki anak, menyusui bisa jadi penuh dengan tantangan. Adanya sejumlah masalah ini membuat penting bagi ibu mengetahui sejumlah hal mengenai menyusui ini. Dilansir dari The Health Site, berikut sejumlah pengetahuan yang perlu kamu ketahui ketika menyusui buah hati.

1. Beri Penyangga

Posisi bayi yang tepat sangat penting agar dia bisa disusui dengan tepat. Kamu bisa menyangga bayi dengan bantal di pangkuanmu dan meletakkan bayi di atasnya agar posisinya benar-benar tepat untuk disusui.

2 dari 3 halaman

Gunakan Bra yang Tepat dan breast Pump

yang tepat dan breast pump rev1

2. Gunakan Bra Khusus yang Nyaman

Ketika menyusui, penting untuk menggunakan bra khusus yang memang dirancang untuk ibu menyusui. Penting juga menggunakan bra khusus ini selama tidur pada ibu menyusui.

3. Gunakan Breast Pump

Salah satu masalah yang kerap dialami ibu menyusui adalah lecet dan luka pada puting payudara mereka. Untuk mengatasi kondisi lecet yang mungkin terjadi ini, kamu bisa menggunakan breast pump.

3 dari 3 halaman

Minum Air Putih dan Posisi yang Tepat

putih dan posisi yang tepat rev1

4. Minum Air Sebanyak Mungkin

Asupan air yang cukup pada tubuh akan membantu untuk menjaga produksi susu. Oleh karena itu, sering dijumpai seorang ibu yang mengalami dehidrasi pada masa-masa dia menyusui.

5. Perhatikan Punggung

Ketika menyusui, bagian tubuh yang penting untuk diperhatikan adalah pada punggung. Sangga punggung dengan bantal selama menyusui untuk membuat kamu bisa menyusui dengan nyaman.

Lima har tersebut bisa kamu perhatikan dan perlu terapkan dalam menyusui buah hati. Pemberian ASI yang optimal pada bayi bisa berdampak positif terhadap perkembangan buah hati.

(mdk/RWP)

Baca juga:
Inilah Dampak Yang Terjadi Jika Makan Besar Saat Perut Kosong
Pentingnya Pemeriksaan pada Calon Orangtua Sebelum Merencanakan Kehamilan
Ukur Tekanan Darah secara Rutin Penting Dilakukan untuk Tekan Risiko
Tiga Penyakit Ini Kerap Muncul Pada Masa Modern, Simak Penjelasan Lengkapnya
Konsumsi Makanan Ini Jika Perut Dalam Keadaan Kosong

Baca berita pilihan dari Merdeka.com

Mari bergabung di Grup Telegram

Merdekacom News Update

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami