5 Cara Mengatasi Gejala Serangan Panik Secara Seketika

SEHAT | 18 Oktober 2019 06:00 Reporter : Rizky Wahyu Permana

Merdeka.com - Ketika kamu terdiam dan tiba-tiba mengalami perasaan panik, ketakutan dna kecemasan bakal mencengkeram dirimu. Kamu bakal mengalami rasa sesak di dada, jantung yang berdetak, kesulitan bernapas, serta keringat yang mengucur deras.

Panic attack adalah sebuah gejala yang menyerang secara fisik dan psikologis. Gejala ini dapat terjadi secara tiba-tiba tanpa alasan yang jelas dan membuat orang yang mengalaminya sangat ketakutan.

Seseorang yang mengalami serangan panik biasanya mengalami perasaan teror dan ketakutan yang tanpa penyebab serta terjadi dalam waktu beberapa menit. Ketika hal ini terjadi, seseorang bakal merasa seperti mengalami serangan jantung yang sangat menakutkan bagi mereka.

Gejala serangan panik pada tiap-tiap orang bisa berbeda namun ketika terjadi dengan parah, kamu mungkin mengiranya sebagai serangan jantung. Masalah ini bahkan juga disertai nyeri di dada yang membuatnya semakin menakutkan.

Ketika serangan panik menyerangnmu secara seketika, maka terdapat sejumlah hal yang bisa kamu lakukan. Dilansir dari The Health Site, berikut sejumlah cara seketika yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi serangan panik.

1 dari 5 halaman

Bernapas Dalam-Dalam

Ketika serangan panik tiba padamu secara seketika, tarik napas dalam-dalam karena hal tersebut bisa meringankan masalahmu. Hal ini bisa mencegah serangan panik menjadi memburuk atau terjadinya hyperventilasi.

Tarik napas dalam-dalam ketika kamu menarik napas. Tahan selama beberapa detik sebelum mengembuskannya kembali. Ulangi cara ini hingga kamu merasa lebih baik.

2 dari 5 halaman

Kenali Bahwa Itu Bukan Serangan Jantung

Dengan memahami bahwa yang kamu alami adalah serangan panik dan bukan serangan jantung, maka kamu bisa sedikit meredakan masalah yang terjadi. Ketika kamu mengetahui bahwa yang kamu alami adalah serangan panik, maka ketakutan yang kamu alami bakal sedikit berkurang.

3 dari 5 halaman

Pejamkan Mata

Ketika mengalami kondisi ini, sangat penting untuk menjaga pikiranmu tetap tenang. Ketika kamu berada di tempat yang banyak aktivitas, pejamkan matamu untuk menenangkan diri. Hal ini bisa menangkal berbagai stimuli dari luat yang mungkin membuatmu panik sehingga kamu bisa lebih fokus bernapas.

4 dari 5 halaman

Cari Titik Fokus

Jangan berpikir terlalu banyak ketika kamu mengalami serangan panik. Cari satu obyek di sekitarmu untuk menjadi titik fokus. Hal ini bisa apa saja mulai jam atau gerakan pendulum. Pikirkan berbagai hal tentang obyek tersebut mulai pola, warna, bentuk, bahan, dan lain sebagainya.

5 dari 5 halaman

Ingat Tempat yang Menyenangkan

Beri satu gambaran tempat di dalam kepalamu untuk membantumu menjadi tenang. Pastikan untuk mengingat segala hal mengenai tempat tersebut dan pastikan benar-benar tempat yang membuatmu tenang. Ingat berbagai detailnya seperti bau, udara, lingkungan, dan lain sebagainya.

Sejumlah cara tersebut bisa membantu meringankan serangan panik yang datang secara seketika. Pastikan untuk melakukan hal tersebut agar serangan panik yang kamu alami tidak jadi semakin buruk. (mdk/RWP)

Baca juga:
5 Cara Mudah Agar Kamu Bisa Perbaiki Rutinitas Tidurmu Agar Lebih Baik
Begini 10 Cara Jaga Kesehatan Mata Akibat Penggunaan Gawai
5 Cara Alami untuk Menyeimbangkan Kadar Hormon dalam Tubuh Kamu
Dokter Spesialis Jantung Ingatkan untuk Mulai Check Up Sejak Usia 20-an
4 Cara Mengatasi Nyeri Akibat Infeksi Saluran Kemih yang Bisa Membahayakan Ibu Hamil
7 Cara untuk Menjaga Kesehatan Ketika Bekerja di Kantor